Mudik Gratis Bersama BUMN Layani 2.126 pemudik

id mudik gratis bumn,Lebaran

Pelepasan mudik gratis bersama BUMN Oleh PT Semen Padang (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Penumpang Mudik Gratis Bersama BUMN tujuan Mentawai-Padang ataupun sebaliknya yang digelar PT Semen Padang sejak 15 Mei hingga Juni 2019, mencapai 2.126 orang.

Bahkan jumlah tersebut, melampai kuota yang targetkan sebanyak 1.100 orang. Pada tahun 2018, kegiatan serupa berhasil melayani sebanyak 1056 penumpang dari kuota 1.000 penumpang yang direncanakan.

Manajemen Semen Padang melalui Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan Oktoweri, mengatakn Mudik Gratis Bersama BUMN 2019 merupakan yang kedua digelar Semen Padang bekerjasama dengan Pelni, dan merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Pada program ini, Kementerian BUMN melibatkan seluruh BUMN di Indonesia untuk memberangkatkan 250 ribu orang pemudik ke kampung halamannya masing-masing. Untuk PT Semen Indonesia Kementerian BUMN memberikan target sebanyak 5.000 orang dengan beberapa wilayah.

Untuk wilayah Sumbar, PT Semen Padang yang merupakan bagian dari Semen Indonesia Gorup, mandapat target 1.100 orang pemudik. "Alhamdulillah tercapai. Bahkan bersama dengan Pelni, kami pun memberangkatkan pemudik lebih dari 2000 orang," kata Oktoweri.

Pelepasan peserta Mudik Gratis Bersama BUMN dari Mentawai menuju Padang itu, dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake, Danlanal Mentawai Letkol (P) Anis Munandar, Kapolres Mentawai AKBP Hendri Yahya, Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal, dan Kepala Dinas Perhubungrbean Mentawai, Edi Sukarni.

Kemudian dari PT Semen Padang selain dihadiri Kadep Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang, juga turut hadir Kepala Unit Corporate Social responsibility (CSR) Muhamad Ikrar, serta Staf CSR Melyana dan Delfi Adri yang juga Ketua Tim Mudik Gratis Bersama BUMN tahun 2019.

Ia menyebutkan mudik Lebaran tahun ini setiap pemudik mendapatkan goody bag berisi baju, topi, snack dan obat-obatan.

"Kami berharap, masyarakat yang mudik ke kampung halamannya ini, kembali lagi ke Mentawai dalam kondisi sehat," ujarnya.

Oktoweri juga berpesan kepada warga Mentawai, terutama yang mudik ke kampung halamannya untuk dapat kembali ke Mentawai, agar bisa bersama-sama dengan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk membangun Mentawai menjadi lebih baik lagi.

Kemudian mewakili PT Semen Padang, Oktoweri berterima kasih atas dukungan masyarakat dan Pemerintahan Kepulauan Mentawai yang telah mendukung kinerja perusahaan selama ini.

"Kami berterimakasih atas dukungannya. Mudah-mudahan mudik ini sukses, supaya ke depan kita bisa melanjutkan yang lebih baik lagi, dan lebih banyak lagi," katanya.

Ketua Tim Mudik Gratis Bersama BUMN 2019 Delfi Adri menuturkan bahwa mudik gratis ini terbagi dalam empat keberangkatan dengan melibatkan kapal Pelni, yaitu KM sabuk Nusantara 68 yang merupakan kapal Perintis untuk rute Padang-Mentawai.

Untuk keberangkatan pertama 15 Mei, kapal Tol Laut itu berangkat dari Teluk Bayur menuju Sioban-Sikakap-Pasapuat-Sioban-Tuapejat-Panasahan, dan kembali ke Teluk Bayur dengan jumlah penumpang 252 orang.

Kemudian keberangkatan kedua pada 22 Mei, jumlah penumpang sebanyak 322 orang dengan rute dari Teluk Bayur-Labuhan Bajau-Sikabaluan/Pokai-Muaro Saibi-Siberut-Pei Pei-Tuapejat-Panasahan, dan kembali ke Teluk Bayur.

Keberangkatan ketiga 26 Mei, rute perjalanan dari Teluk Bayur menuju Panasahan-Tuapejat-Sioban-Pasapuat-Sikakap-Sinakak-Panasahan dan kembali lagi ke Teluk Bayur Mei dengan jumlah penumpang yang dibawa dari Teluk Bayur menuju Mentawai ataupun sebaliknya, sebanyak 687 orang.

Sedangkan keberangkatan keempat yang digelar pada 29 Mei kemarin untuk rute dari Teluk Bayur-Sioban-Sikakap-Pasapuat-Sioban dan Tuapejat, jumlah penumpang mencapai 200-an. Kemudian penumpang dari dari Tuapejat-Panasahan-Teluk Bayur, lebih dari 600 orang.

"Itu artinya, Mudik Gratis Bersama BUMN ini disambut antusias oleh pemudik, apalagi pemudik dari Mentawai menuju Padang, karena kapal Perintis yang mengangkut mudik gratis ini selalu terisi penuh," kata Delfi Adri.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake, mengapresiasi Semen Padang dan Pelni yang telah memfasilitasi masyarakat Mentawai untuk muedik ke kampung halamnnya, apalagi jumlah masyarakat yang difasilitasi untuk mudik gratis mencapai 2.000 orang lebih

"Semen Padang dan Pelni telah peduli terhadap warga Mentawai. Target peserta mudik 1.100 orang, ternyata diamini oleh Semen Padang dengan jumlah penumpang mencapai 2000 lebih. Kami mengusulkan untuk tahun depan, jumlahnya 3.000 orang," kata Kortanius

Warga Mentawai yang pulang mudik, lanjutnya, jangan risau untuk meninggalkan rumahnya, karena Polisi, TNI, dan Pol PP, serta Damkar, akan menjaga rumah warga yang mudik. Namun begitu, ia berpesan kepada pemudik untuk menjaga keselamatannya selama mudik.

"Jangan bergembira secara berlebihan saat hendak mudik. Naik kapal setelah itu naik motor jangan sampai ngebut-ngebut di jalanan. Jaga keamanan dan kesehatan, dan patuhi lalu lintas. Pak Kapolres sudah mengajak kita untuk tertib lalu lintas. Jangan sampai orang bilang, 'ini loh, orang dari Mentawai tiak tahu lalu lintas'. Jadi, etika lalu lintas harus dijaga," ujarnya.

"Meskipun kita di kepulauan, tapi kita harus punya etika berkendara, dan etika di mana pun kita berada, karena kita yang aktif ini adalah orang produktif. Jangan sampai orang produktif kecelakaan, sehingga membuat orang di rumah yang tidak produktif menjadi beban," imbuhnya.

Kemudian kepada warga Mentawai yang terdiri dari pedagang, ASN dan lain sebagainya, diharapkan setelah selesai libur lebaran, segera kembali ke Mentawai. "Saya berharap dukungan masyarakat dan seluruh ASN yang pulang mudik ini, segera kembali ke Mentawai. Mari kita bangun Mentawai ini bersama-sama," pungkas Kortanius.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar