Masyarakat agar bijaksana berbelanja

id bijaksana berbelanja, pengendalian harga,Belanja Ramadhan

Masyarakat agar bijaksana berbelanja

Aktivitas pedagang cabai di Pasar Raya Padang (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang kembali mengingatkan masyarakat agar bijaksana dalam berbelanja menjelang Idul Fitri sehingga tidak terjadi gejolak harga karena tingginya permintaan.

"Masyarakat diharapkan dapat berbelanja dengan bijak, berbelanja sesuai kebutuhan guna menjaga harga bahan pokok tidak melonjak," kata Kepala Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal di Padang, Kamis.

Ia memastikan saat ini stok bahan pokok masih cukup hingga dua bulan setelah Lebaran.

"Karena itu masyarakat tidak perlu khawatir dan membeli kebutuhan pokok dengan berlebihan," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya bersama dinas terkait sudah berkomunikasi dengan pihak terkait lain seperti dinas provinsi, pusat, dan Bulog.

"Kami mengupayakan tidak terjadi lonjakan harga, apabila ada yang naik akan segera dilakukan koordinasi dan penambahan stok," katanya.

Selain itu, Dinas Perdagangan sudah meminta distributor untuk tidak menaikan harga.

Apabila distributor menaikan harga secara tidak wajar, pihaknya akan segera laporkan ke Satgas Pangan.

"Pemkot Padang akan terus upayakan agar tidak ada lonjakan harga yang signifikan menjelang Lebaran," katanya.

Berdasarkan pantauan harga sejumlah komoditas terpantau stabil di Pasar Raya Padang hingga pekan ke dua Ramadhan yaitu ayam potong Rp27 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp39 ribu per 30 butir, cabai merah Rp24 ribu per kilogram dan daging sapi Rp110 ribu per kilogram.

Pada pekan pertama sempat terjadi kenaikan harga bawang putih mencapai Rp100 ribu per kilogram namun setelah ada operasi pasar kembali turun menjadi Rp35 ribu per kilogram.