Pasaman Barat studi tiru TI ke Padang Pariaman

id Smart City,Padang Pariaman

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar Zahirman (kiri) menjelaskan perkembangan teknologi informasi di daerah itu kepada jajaran Diskominfo Pasaman Barat di Parit Malintang, Padang Pariaman, Rabu (24/4). (Antara Sumbar / Istimewa)

Padang Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, studi tiru tentang teknologi informasi (TI) dan kota pintar atau smart city ke Kabupaten Padang Pariaman.

"Kedatangan kami ke sini untuk meniru dan belajar dalam membangun jaringan internet yang terkoneksi," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Pasaman Barat Dalpesri Bahar di Padang Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya memilih Padang Pariaman sebagai tempat belajar karena daerah itu lebih maju pengembangan TI dan bahkan terpilih sebagai pilot project Gerakan 100 Smartcity Indonesia.

Ia menyampaikan untuk menindaklanjuti studi tiru tersebut pihaknya akan meneken nota kesepahaman agar dapat meniru kemajuan di bidang TI di Padang Pariaman.

Pada kesempatan itu pihaknya juga melihat ruangan pengelolaan pusat data dan perkembangan TI di Padang Pariaman.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman Zahirman kedatangan daerah tetangga untuk studi tiru ke daerah itu dapat menjadi penyemangat untuk terus mengembangkan TI.

"Apalagi Padang Pariaman telah dipilih oleh Kementerian Kominfo dalam Program Gerakan 100 Smartcity Indonesia," katanya.

Ia mengatakan jaringan internet di Padang Pariaman telah terkoneksi

dengan kabel fiber optic untuk semua organisasi perangkat daerah, kecamatan, puskesmas dan sebagian Nagari.

Pada tahun ini pihaknya akan memasang jaringan internet ke seluruh sekolah guna mendukung pelajaran siswa tetang teknologi dan menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasiskan

Komputer.

Untuk mengelola jaringan internet di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman beserta sarana pemerintahan lainnya pihaknya memiliki ruangan Network Operation Centre yang mana dalam pengoperasiannya menggunakan Aplikasi Pelayanan

Terpadu Pemantau Network Sistem. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar