KPU Kota Pariaman distribusikan logistik Pemilu pada H-1

id distribusi surat suara, logistik pemilu,kpu kota pariaman,pemilu 2019

Puluhan kotak suara untuk Pemilihan Umum 2019 dibungkus dengan plastik di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Pariaman dan akan didistribusikan pada H-1 atau Selasa di Pariaman, Sumbar, Sabtu (13/4). (Antara Sumbar/Aadiat M Sabir)

Pariaman, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat menjadwalkan pendistribusian logistik Pemilu 2019 dilaksanakan Selasa (16/4) atau H-1 pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

"Malam tadi surat suara pengganti surat suara yang rusak telah sampai di Kantor KPU Pariaman sebanyak 6.559 lembar," kata Ketua KPU Pariaman Abrar Aziz di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan jumlah surat suara yang tiba dari Jakarta tersebut sesuai dengan permintaan KPU Pariaman sebagai pengganti surat suara yang rusak.

Ia menyampaikan surat suara tersebut langsung disortir lalu dilipat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat.

"PPK dan PPS kecamatan yang bersangkutan mengepak surat suara itu karena mereka mengetahui persis kebutuhan daerahnya masing-masing," katanya.

Pihaknya menargetkan pada Senin (15/4) pengepakkan surat suara tersebut selesai sehingga Selasa pihaknya dapat mendistribusikan logistik Pemilu ke desa-desa.

Abrar mengatakan logistik Pemilu tersebut akan dibungkus dua kantong plastik dan dibawa dengan truk yang pendistribusian dikawal oleh pihak Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) dan kepolisian setempat.

Pihaknya menyampaikan surat suara tersebut disimpan di kantor desa yang mana pada pagi harinya akan didistribusikan ke tempat pemungutan suara.

Sedangkan surat suara yang rusak, lanjutnya akan dimusnahkan dengan cara dibakar pada Selasa yang disaksikan oleh Bawaslu, kepolisian, dan pemerintah setempat.

Sementara itu Koordinator Divisi Penindakan dan Pencegahan Bawaslu Kota Pariaman Elmahmudi menyarankan agar anak kunci ruangan penyimpanan logistik Pemilu di kantor desa hanya dipegang oleh satu orang agar tidak terjadi hal tidak dinginkan.

Selain itu pihaknya juga meminta agar induk kunci ruangan disegel sehingga pengamanan logistik Pemilu menjadi lebih baik.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar