Pasar Kambang segera benderang

id Pasar Kambang,hendrajoni,pasar rakyat,pesisir selatan

Pasar Kambang segera benderang

Bupati Hendrajoni (dua kanan) ketika meninjau Pasar Kambang . (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal melengkapi Pasar Kambang, dengan lampu sorot untuk memudahkan aktivitas masyarakat terutama pada malam hari.

"Kami upayakan tahun ini pembangunan lampu sorot selesai," kata Bupati setempat, Hendrajoni ketika mengunjungi Pasar Kambang, Kamis.

Ia menambahkan selain memperlancar aktivitas jual beli, lampu sorot juga akan memudahkan masyarakat sekitar yang ingin melaksanakan shalat Isya dan Shubuh karena di lokasi pasar terdapat sebuah mesjid.

"Hal ini juga akan kami terapkan ke pasar lain di Pesisir Selatan, terutama pasar kecamatan karena yang aktivitasnya jauh lebih tinggi," sebutnya.

Berikutnya di setiap pasar juga akan dibangun videotron luar ruangan yang bisa digunakan untuk memantau informasi harga kebutuhan pokok.

"Saat ini videotron juga baru dibangun di Pasar Kambang berikutnya akan disusul pasar lainnya," ujarnya.

Ia mengemukakan pembangunan dan revitalisasi pasar merupakan prioritasnya, hal tersebut dilaksanakan agar pasar-pasar di daerah setempat menjadi nyaman karena lebih rapi, tidak becek dan lainnya.

Sepanjang 2016-2018, 26 dari 49 pasar di daerah setempat telah di bangun dan revitalisasi.

Anggaran revitalisasi bersumber dari APBD kabupaten dan juga APBN melalui DAK.

Sementara tahun ini pihaknya juga bakal merevitalisasi beberapa pasar yakni Pasar Tapan, Silaut, Indrapura, Balai Salasa, Kambang, Batang Kapas dan Mandeh tarusan, beberapa diantaranya merupakan revitalisasi lanjutan.

Menurutnya revitalisasi pasar merupakan keharusan sebagai upaya untuk mendorong agar perekonomian masyarakat terus berjalan. (*)