Rabu malam, Nagari Simawang diguyur hujan es

id hujan es,hujan es di tanah datar

Rabu malam, Nagari Simawang diguyur hujan es

Warga Simawang, Kabupaten Tanah Datar, mengabadikan butiran es saat hujan es mengguyur wilayah itu Rabu (13/3) malam. (Dok. warga Simawang)

Batusangkar  (ANTARA) - Nagari Simawang Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat diguyur hujan es pada Rabu sekira pukul 19.45 WIB sehingga membuat warga setempat gempar dan mengabadikan peristiwa tersebut.

Salah seorang tokoh masyarakat nagari Simawang M. Nur Idris saat dihubungi dari Batusangkar mengatakan hujan es tersebut berlangsung selama 10 sampai 15 menit. Hujan terjadi disaat warga tengah menunaikan sholat Isya.

"Karena suara hujan begitu keras dari biasanya wargapun melihat keluar rumah, dan ternyata hujan es, wargapun berbondong-bondong mengabadikan peristiwa alam tersebut dengan gawai miliknya," katanya.

Ia mengatakan meski hujan es tersebut cukup lebat dan berllangsung dalam tempo lama namun tidak ada laporan atas kerusakan yang diakibatkan oleh fenomena hujan tersebut.

"Saya mengingatkan agar warga setempat tetap waspada, karena Nagari Simawang termasuk di lokasi rawan bencana," katanya.

Sementara Firman Malin 40 Wali Jorong Darek, mengatakan hujan es tersebut terjadi di lima jorong di nagari Simawang. Yaitu di Jorong Darek, Jorong Piliang Bendang, Jorong Batu limbak, Koto Gadang, dan Pincuran Gadang.

Ia mengatakan hujan es tersebut berlangsung sekitaran 15 menit. Peristiwa langka tersebut bukan pertamakali terjadi di Simawang. Ia mengaku kejadian serupa telah terjadi beberapa kali di daerah itu bahkan tahun.

“Dahulu pada tahun 80-an pernah terjadi, kemudian tiga tahun yang lalu juga terjadi, dan pada tahun kemarin juga terjadi hujan es di Simawang," ujarnya.

Ia mengatakan meski hujan es tersebut terdengar cukup keras, namun tidak ada kerusakan yang terjadi. Ia menghimbau warga setempat agar selalu berhati-hati mengingat kondisi cuaca di Simawang tengah berobah.