Pelindo dan Apical Group kerja sama Pengolahan CPO

id cpo,Pelindo,Apical Group

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.

Padang (ANTARA) - Apical Group bekerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Teluk Bayur dalam bidang pengolahan Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit di Sumatera Barat (Sumbar) dengan investasi mencapai Rp800 miliar.

"Kami mengembangkan bisnis dari ekspor CPO menjadi pengolahan dan fraksinasi dengan mendirikan pabrik di Teluk Bayur. Lokasinya menggunakan hak penggolaan lahan milik Pelindo II, sekaligus handling bongkar muat," kata Direktur Utama Apical Group, Bestadrian Prawiro Theng di Padang, Rabu.

Apical Group telah beroperasi di Teluk Bayur sejak 2008 dalam mengekspor CPO. Ke depan, perusahaan tersebut tidak hanya mengekspor saja, tetapi akan melakukan pengolahan CPO dengan kapasitas lebih besar di Sumbar.

"Target kita pengolahan CPO sebanyak 3500 ton perhari dengan target total pertahun 1,2 juta ton pertahun," ujarnya.

Pabrik pengolahan CPO tersebut ditargetkan mulai beroperasi 1,5 tahun dari groundbreaking yang dilakukan secepatnya.

GM Pelindo II Teluk Bayur, Armen Amir menyebutkan kerjasama tersebut akan membantu target ekspor Pelindo II melalui Pelabuhan Teluk Bayur.

"Kita ingin perkembangan ekspor di pelabuhan kita dapat melebihi target yang sudah kita canangkan 5 juta ton pertahun untuk ekspor CPO ini. Maka, dengan adanya rencana Apical Group untuk membangun pabrik pengolahan CPO di Sumbar diharapkan akan meningkatkan jumlah ekspor langsung dari teluk bayur," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Pelindo II dalam menggaet investor tersebut karena akan menguntungkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Selain itu pembukaan pabrik baru berarti akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di Sumbar yang berdampak pada pengurangan pengangguran.

Ia berharap akan makin banyak investor yang masuk ke Sumbar agar perekonomian masyarakat terus meningkat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar