403.650 wisatawan kunjungi Lembah Harau

id kunjungan,wisata,lembah,harau

403.650 wisatawan kunjungi Lembah Harau

Lembah Harau ((Antara Sumbar/Syafri Ario))

Sarilamak (ANTARA) - Berdasarkan data Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota total kunjungan wisatawan ke Lembah Harau sebanyak 403,650 selama 2018.

"Kunjungan tersebut naik dari tahun sebelumnya," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota, Bobby di Sarilamak, Rabu.

Tercatat kunjungan wisatawan Nusantara (Wisnu) sebanyak 353.639, wisatawan lokal Sumatera Barat sebanyak 44.823, dan Wisatawan Mancanegara (Wisman) sebanyak 5.188 dengan total 403,650.

Data kunjungan tersebut, katanya didambil dari jumlah karcis masuk yang terjual selama 2018.

"Bahkan angka riilnya lebih dari itu karena ada juga yang tak tercatat melalui karcis," kata Bobby.

Dari pantauan di lapangan rata-rata per hari bis yang masuk terutama hari libur mencapai 60 bis dari jam 09.00 sampai 15.00 Wib.

Ia mengatakan untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan pihak berupaya untuk merealisasikan pembangunan Lembah Harau sesuai masterplan yang sudah ditetapkan.

"Selain itu membenahi secara bertahap pengelolaan spot-spot wisata yang ada di kawasan dan pelatihan sadar wisata kepada masyarakat," ujarnya.

Tahun ini pihaknya menargetkan pembangunan plaza yang menyediakan kuliner, kerajinan dan makanan khas daerah di kawasan wisata Lembah Harau.

"Namun untuk memajukan wisata ini tak hanya peran Dinas Pariwisata tapi semua stakeholder mesti terlibat seperti Satpol PP, PU, Dishub," katanya.