Kurs Dolar AS menguat karena dampak data AS lemah berkurang

id Dolar

Kurs Dolar AS menguat karena dampak data AS lemah berkurang

Dolar. (Antara)

New York, (Antaranews Sumbar) - Kurs dolar AS menguat pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), pulih dari kerugian awal yang dipicu data ekonomi AS lemah, karena investor mengkonsolidasikan posisi dan mencari insentif baru di tengah negosiasi perdagangan AS dan China serta pembicaraan terkait keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Greenback sebelumnya turun, terpukul oleh data ekonomi AS yang lebih lemah dari perkiraan, yang menegaskan ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan mempertahankan suku bunga tahun ini stabil.

"Kami memiliki data AS yang lemah sebelumnya, yang mendorong dolar AS lebih rendah, tetapi sekarang langkah itu berakhir," kata John Doyle, wakil presiden transaksi dan perdagangan di Tempus Inc. di Washington.

"Saat ini, kami agak terjebak dalam rentang yang membosankan dan ketat. Kami agak berharap beberapa peristiwa dapat melepaskan banyak hal, tetapi itu tidak benar-benar terjadi dan kami sedang mencari penggerak berikutnya," tambahnya.

Doyle mencatat bahwa penggerak-penggerak itu mungkin sangat terkait dengan perkembangan pembicaraan perdagangan AS dan China serta negosiasi Brexit.

Data AS datang sehari setelah risalah dari pertemuan kebijakan moneter The Fed bulan lalu mengatakan kesabaran diperlukan ketika pihaknya datang ke pengetatan suku bunga, mencatat jeda dalam kenaikan suku bunga memberinya waktu untuk mengamati efek kenaikan di masa lalu di tengah perlambatan ekonomi global.

Pesanan baru untuk barang-barang modal buatan AS, khususnya, secara tak terduga turun pada Desember, data menunjukkan pada Kamis (21/2), di tengah penurunan permintaan untuk mesin dan logam primer, menunjuk pada belanja bisnis yang lambat pada peralatan, yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi.

"Secara keseluruhan, data barang-barang tahan lama memberikan alasan lebih lanjut untuk berpikir bahwa pertumbuhan ekonomi akan segera melambat di bawah laju potensial 2,0 persennya, yang akan menahan The Fed sepanjang tahun ini," kata Andrew Hunter, ekonom senior AS, di Capital Economics di London.

Data Kamis (21/2) juga menunjukkan bahwa indeks aktivitas manufaktur Fed Philadelphia turun menjadi -4,1 bulan ini dari 17,0 pada Januari. Itu adalah angka negatif pertama sejak Mei 2016.

Dalam perdagangan sore, indeks dolar AS, ukuran nilainya terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, naik 0,2 persen pada 96,611.

Namun demikian, dolar AS turun 0,2 persen terhadap yen menjadi 110,69 yen, meluncur untuk pertama kalinya dalam lima hari.

Tetapi greenback menguat terhadap franc dan sterling Swiss.

Euro, sementara itu, sedikit berubah terhadap dolar AS, pada 1,1343 dolar AS, sebelumnya naik setelah survei menunjukkan aktivitas bisnis secara mengejutkan menguat pada Februari, terutama di Prancis.

Aktivitas bisnis Prancis naik lebih dari yang diharapkan, meskipun angka PMI Jerman lebih dari bervariasi.

Sejumlah data yang lemah sejak Januari telah merusak dukungan untuk euro, mendorong investor merevisi turun ekspektasi inflasi mereka untuk beberapa bulan mendatang, dan menarik imbal hasil obligasi inti lebih rendah.

Indeks kejutan ekonomi Citibank menunjukkan indikator zona euro masih berkubang di dekat posisi terendah enam bulan yang dicapai bulan lalu. (*)