Ini kabar baik, tahun ini 3.000 Lansia Dharmasraya terima bantuan sosial

id Bobi Perdana Riza

Kepala Dinas Sosial Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Dharmasraya, Bobi Perdana Riza. (ANTARASUMBAR/ilka jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - 3.000 warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) akan menerima bantuan sosial berupa uang tunai Rp1 juta untuk masing-masing lansia pada 2019.

"Total dana bantuan sosial (Bansos) lansia sebanyak Rp3 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD)," kata Kepala Dinas Sosial, Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Dharmasraya, Bobi Perdana Riza di Pulau Punjung, Rabu.

Ia mengatakan penyaluran bantuan akan dilakukan dalam dua tahap, pertama pada Maret dan tahap kedua Juni 2019.

Kreteria penerima bantuan itu merupakan warga lansia di atas 60 tahun, kurang mampu, dan tidak mendapat perhatian dari keluarga.

Ia menyebutkan prosedur penyerahan bantuan dimana warga lansia mengusulkan proposal yang mana formulirnya sudah disediakan dan akan dibantu petugas di tingkat nagari untuk mengisi.

"Kami berharap bantuan dari pemerintah daerah dapat sedikit meringankan beban warga lansia nantinya," ujarnya.

Sebagian besar keseharian warga lansia di daerah itu bekerja mencari sayuran yang ada di lingkungan masing-masing untuk dimasak. Warga lansia juga tidak bekerja tetapi mengandalkan bantuan dari anaknya.

“Meskipun ada yang diabaikan tetapi ada juga mengandalkan bantuan dari anak dan orang lain di wilayahnya,” ujarnya.

Menurut dia bantuan untuk lansia secara keseluruhan belum dilakukan secara merata, sebab berdasarkan data jumlah lansia di daerah itu mencapai sekitar 7.400.

"Secara bertahap tahun depan kami upayakan seluruhnya tersentuh bantuan oleh pemerintah," tambahnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar