Perayaan Natal, Polisi jaga 34 gereja di Padang

id Pengamanan natal di padang,Polresta Padang

Perayaan Natal, Polisi jaga 34 gereja di Padang

Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Pol Yulmar Tri Himawan (tengah), saat meninjau sterilisasi dan pengecekan gereja di Padang, Senin (24/12). (Antara Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menjaga 34 gereja yang ada di daerah itu untuk memastikan pelaksanaan Natal berjalan aman.

"Ada 34 gereja yang dijaga, satu di antaranya adalah rumah warga yang dijadikan tempat ibadah. Hari ini sudah dilakukan dilakukan sterilisasi dan pengecekan," kata Kepala Polresta Padang Kombes Pol Yulmar Tri Himawan, di Padang, Senin.

Proses sterilisasi dilakukan bersama personel dari Gegana Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar), disertai alat pendeteksi logam (metal detector).

"Setelah lokasi gereja disterilisasi selanjutnya personel Polresta Padang yang ada ditempatkan di lokasi untuk melakukan pengamanan," katanya.

Sementara Kepala Bagian Operasional Polresta Padang Kompol Sigit Saputra, mengatakan sebanyak 432 personel yang ditugaskan untuk pengamanan perayaan Natal di daerah itu.

Ia mengatakan pengamanan lapangan dilakukan sejak malam Misa, hingga prosesi Natal berakhir.

Pihak kepolisian mengimbau masyarakat untuk mempertahankan sikap toleransi antar umat beragama yang telah terbangun dengan baik di Padang selama ini.

"Sikap toleransi di Padang sejauh ini sudah berjalan dengan baik, ini harus dipertahankan dan jangan terpancing provokasi perpecahan," katanya.

Selain itu, pihak kepolisian juga mengantisipasi kondisi cuaca, kemacetan lalu lintas, serta kejahatan saat malam natal.

Pada bagian lain, Polresta Padang juga mendirikan empat pos pengamanan tahun baru, dua di antaranya ditempatkan di Pantai Air Manis, dan Caroline. (*)