Gempa tektonik guncang Flores Timur

id Gempa

Gempa tektonik guncang Flores Timur

ilustrasi gempa bumi. (ANTARA News/Ridwan Triatmodj)

Kupang, (Antaranews Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin malam.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 20.19.34 Wta dengan kekuatan M=3.8 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.96 LS dan 123.25 BT, pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, Robert Owen Wahyu melalui pesan WhatsApp menjelaskan, peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Flores TImur dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau (II MMI).

Di daerah ini kata dia, guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Flores Timur yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 20.53.00 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Khusus masyarakat di daerah pesisir Flores Timur diimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Dia menambahkan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Flores "Back Arc Thrust". (*)