Ratusan pohon mahoni dan surian di tanam di Pasaman, upaya penghijaun

id Tanam pohon

Ratusan pohon mahoni dan surian di tanam di Pasaman, upaya penghijaun

Anggota TNI Kodim 0305 Pasaman saat melakukan penanaman pohon diarea jalan rawan longsor. (Ist)

Lubuksikaping (Antaranews Sumbar) - Dalam rangka melaksanakan program penghijauan, sekitar 150 batang pohon mahoni dan surian ditanam personil Koramil 04/Bonjol, di kawasan sepanjang ruas jalan Koto Tangah - Muaro Manggung.

Penanaman pohon itu merupakan bagian kerjasama antara Kodim 0305 Pasaman bersama Kelompok Tani Data Sampia, Koto Tangah, Bonjol, Jumat.

Menurut Danramil 04/Bonjol, Kapt, Kav Sumidi, penanaman pohon yang dilakukan tersebut dalam rangka penghijauan di kawasan yang rawan terjadinya bencana tanah longsor.

"150 batang pohon yang kita tanam tersebut terdiri dari 100 batang pohon Mahoni dan 50 batang pohon Surian," katanya

Dipilihnya dua jenis kayu itu, ahoni dan surian, karena memiliki akar pohon yang kuat. Nantinya, kata dia, akan memperkokoh kondisi tanah dan aman terhadap bencana tanah longsor.

"Kegiatan menanam pohon yang kita lakukan ini sama juga dengan menghijaukan kembali alam sekitar. Dengan demikian, lingkungan akan menjadi sejuk, segar dan asri," katanya.

Momentum menanam pohon ini sama juga dengan menabung untuk hari depan, dimana jika dirawat dengan baik akan besar manfaatnya bagi masyarakat sekitar.

"Kita berharap semua masyarakat dapat saling menjaga kelestarian hutan dan lingkungan sekitar, sehingga manfaat positif akan diterima oleh masyarakat itu sendiri," harapnya.