Besok, Festival Pesona Budaya Minangkabau digelar di Tanah Datar

id Festival pesona budaya minangkabau, wisata,Tanah Datar

Festival Pesona Budaya Minangkabau. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Festival Pesona Budaya Minangkabau (FPBM) sebagai salah satu agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang akan menampilkan beragam seni dan budaya Minangkabau siap digelar pada 28 November 2018.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama lima hari yang akan dibuka pada 28 November dan berakhir pada 2 Desember 2018.

"Pelaksanaan tahun ini turut melibatkan beberapa kabupaten/kota di Sumbar serta provinsi tetangga," kata Kepala Dinas pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanah Datar, Abdul Hakim di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan kegiatan yang akan dipusatkan di Istano Basa Pagaruyuang serta beberapa tempat lain tersebut akan menghadirkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan atraksi seni dan budaya serta ekspo.

Beberapa agenda yang sudah disiapkan diantaranya adalah Pawai Budaya Minangkabau, Arakan Bajamba, pemecahan rekor muri minum kopi kawa daun serta Pagaruyung Ekspo.

Selanjutnya juga ada Pameran Benda Pusaka, Kirab Raja-raja Nusantara, Pagelaran Seni Minangkabau, Pagelaran Kesenian Melayu Malaysia dan Riau, Fashion Show Authentic Minangkabau serta Alek Nagari Pacu Jawi.

Selain itu juga ada beberapa kegiatan lain seperti festival kopi, lomba marandang jo malamang serta dan berbagai kegiatan lainnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang didukung oleh pihak Kementerian Pariwisata RI disamping dua kegiatan lain, yaitu Tour de Singkarak (TdS) dan Sawahlunto International Music Festival (SIMFest). (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar