TMMD perkuat gotong royong

id TMMD ,Hendrajoni

TMMD perkuat gotong royong

Upacara pembukaan TMMD ke-103 di Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyebutkan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) memperkuat dan menyuburkan budaya gontong royong di tengah-tengah masyarakat.

"TMMD mengutamakan kerja sama tim, tidak hanya melibatkan personel TNI sebagai pelaksana namun juga masyarakat dan praktik ini akan memperkuat dan menyuburkan budaya gotong royong," katanya usai membuka acara TMMD ke-103 di Kecamatan Lengayang, daerah setempat, Senin.

Selain itu, melalui TMMD ia berharap TNI dengan kemanunggalannya mampu memberikan perubahan-perubahan positif di tengah-tengah masyarakat.

"Banyak kegiatan yang dilaksanakan selama TMMD mulai dari membuka jalan pertanian, membangun rumah layak, renovasi tempat ibadah dan lainnya, kami berharap kegiatan ini berdampak positif terhadap masyarakat," tambahnya.

Kepada masyarakat, ia berharap agar aktif bersama-sama TNI dalam mendukung pelaksanaan program kerja selama kegiatan, dengan begitu ia yakin semuanya akan terlaksana sesuai target.

"Suasana ini mungkin tidak akan terjadi di tahun mendatang karena lokasi TMMD setiap tahunnya dilaksanakan bergantian, untuk itu kami mengajak masyarakat saling bahu membahu dengan TNI," ujarnya.

Terkait adanya pembukaan lahan pertanian sepanjang lebih kurang empat kilometer ia berjanji akan melanjutkannya dengan menganggarkan pengerasan jalan pada anggaran tahun depan.

"Jalan merupakan salah satu pendukung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk itu kami tidak akan menyia-nyiakan jalan yang sudah dibuka dan akan melanjutkannya dengan pengerasan," sebutnya.

Pada TMMD ke-103 ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memperkuat pelaksanaan dengan mengucurkan anggaran Rp1,2 miliar.

TMMD KE-103 selain dilaksanakan di Pesisir Selatan juga dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar dan pembukaanya dilaksanakan di lokasi masing-masing secara serentak hari ini. (*)