Ketua DPRD Kota Solok tinjau pembangunan gedung PMI

id solok

Ketua DPRD Kota Solok tinjau pembangunan gedung PMI

Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can (kanan) dan Sekretaris PMI Kota Solok, Ronny D Daniel (kiri) saat meninjau pembangunan gedung PMI setempat. (Tri Asmaini)

Solok, 14/10 (Antara) - Ketua DPRD Kota Solok, Sumatera Barat, Yutris Can meninjau pembangunan gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kota setempat di Jalan Syech Kukut Kelurahan Tanjung Paku, Minggu.

"PMI adalah mitra pemerintah, sehingga dukungan kepada PMI merupakan hal yang wajib. Terutama bagaimana sarana dan prasarana untuk operasional PMI," kata Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can di Solok saat meninjau pembangunan gedung PMI.

Ia menjelaskan PMI itu mitra pemerintah, keberadaan gedung markas yang representatif tentu akan menjadi kebanggaan Kota Solok, sudah sepantasnya PMI Kota Solok ini harus memiliki gedung sendiri.

Kalau selama ini pelayanan PMI hanya menempati ruangan kecil bekas perkantoran, saat sekarang PMI harus mandiri dan bekerja dengan fokus. Tentunya, peran PMI ini sangat membantu pemerintah dalam melayani masyarakat yang membutuhkan darah dengan cepat.

Sementara sekretaris PMI Kota Solok, Ronny D Daniel mengatakan bahwa Pemerintah Kota Solok selalu memberikan dukungan kepada PMI setempat. Pembangunan gedung baru (markas) ini merupakan wujud sinergi antara PMI dan Pemerintah dengan anggaran sebesar Rp 2,66 miliar.

Gedung yang dalam proses pembangunan ini nantinya memiliki dua lantai. Bangunan nantinya digunakan untuk markas, ruang aktap, laborat darah, ruangan kerja staf, dan juga ruang pelatihan khusus pengolahan darah.

Bangunan yang dikerjakan oleh PT Ruhul Fateya Contractor (kontraktor) ini direncanakan dapat selesai pada Desember 2018. Saat ini markas PMI menempati gedung Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Solok Nan Indah.

Ia menambahkan, jika fungsi PMI bukan hanya untuk mendonorkan darah saja tapi juga bergerak dengan bidang kemanusiaan yang lain, seperti penanggulangan bencana, pendidikan dan pelayanan kesehatan.

PMI Kota Solok juga telah masuk ke sekolah-sekolah melalui Palang Merah Remaja (PMR) sebagai bentuk pendidikan karakter. Dengan adanya Markas PMI yang baru ini mudah-mudahan dapat meningkatkan kinerja staf dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Kami ingin mewujudkan PMI yang berkarakter, professional, mandiri dan dicintai masyarakat, semoga adanya gedung baru menambah semangat anggota," katanya.