17 teater kampus pentas di Padang

id Teeater, drama, seni

17 teater kampus pentas di Padang

Temu Teater Mahasiswa Nusantara ke XVI. (Antara Sumbar/ist)

Padang, Sumbar 5/8 (Antara) - Sebanyak 17 grup teater kampus dari beberapa kota di Indonesia menggelar pementasan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangkaian kegiatan Temu Teater Mahasiswa Nusantara ke XVI.

Ketua panitia pelaksana, Gustin Eliza di Padang, Minggu, mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang temu kreatifitas para pegiat teater kampus dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang digelar mulai dari tanggal 2 hingga 12 Agustus 2018.

"Setidaknya terdapat lebih kurang 300 orang pegiat teater kampus dari 54 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni yang hadir dalam kegiatan ini dan 17 diantarnya ikut menampilkan pementasan teater," katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk silaturahmi serta menggerakkan isu budaya dan kemanusiaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia.

Beberapa UKM Seni yang ikut dalam perhelatan tersebut diantaranya adalah Komunitas Teater Kampus (Kotak) dari Sumatera Utara. UKM Batra Universitas Riau, Rumah Seni Tarbiyah UIN Suska dan Sanggar Latah Tuah dari Riau.

Dari Sumatera Selatan terdapat UKMK Seni dan Budaya serta Teater Arafah Palembang. Sementara itu dari Jakarta terdapat Art Jakarta dengan Teater Unggun Usni.

Selanjutnya ada Forteka dari Surabaya, Lesehan Teater Kampus Solo Raya dari Solo, Komunitas Teater Didik dari Purwokerto, UKM Seni IAIN dari Kendari, UKM Teater Gabung Unsika dari Karawang serta Teater Kotak dari Jember.

Kemudian terdapat UKM Seni Nanggala dari Madura, UKM Kesnas Titik Dalam Koma dari Bali, Perkusi Untad dari Palu serta Teater Oase dan Rumah Teduh dari Padang.

"Pementasan dari grup-grup tersebut dilakukan di Gedung Pementasan Utama Kampus II FIK UNP Lubuak Buayo," ujarnya.

Salah seorang peserta dari Palu, Farid mengatakan senang dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang mempertemukan seluruh pegiat teater kampus dari seluruh wilayah di Indonesia tersebut.

"Ini adalah kali pertama saya ke Padang dan senang dapat menampilkan sebuah pertunjukan teater sekaligus bertukar fikiran dengan teman-teman sesama pegiat teater," katanya.