UNP ambil peran majukan pendidikan Mentawai

id UNP

UNP ambil peran majukan pendidikan Mentawai

Rektor UNP Prof Ganefri (ist) (ist/)

Padang (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat menyatakan pihaknya mengambil peran dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Kami telah membuat nota kesepahaman bersama Bupati Kepulauan Mentawai untuk mengambil peran dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia di daerah itu," kata Rektor UNP Prof Ganefri di Padang, Rabu.

Menurut dia langkah yang akan dilakukan oleh UNP adalah memberikan kesempatan kepada anak-anak Mentawai menjadi mahasiswa di kampus tersebut.

"Mentawai merupakan daerah terluar tentu ada perlakuan khusus untuk meningkatkan sumber daya manusia di sana," ujarnya.

Selain itu kerjasama lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengirimkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Para mahasiswa akan memberikan ilmu yang telah mereka pelajari kepada masyarakat secara berkelanjutan setiap tahunnya.

"Secara teknis banyak hal yang dapat dilakukan agar Mentawai ini lepas dari kawasan 3T," kata dia.

Sementara Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengharapkan nota kesepahaman ini dapat segera direalisasikan sehingga dapat memacu peningkatan sumber daya manusia.

"Banyak hal yang dapat dilakukan, kami berterima kasih atas kesepakatan UNP menjalin nota kesepahaman dalam bidang pemberdayaan pendidikan di Mentawai. Ini mungkin bagian kecil yang dapat dilakukan setelah ini tentu hal besar yang akan dilakukan," ujar dia. *