Payakumbuh gandeng BPPT wujudkan Kota Pintar

id Payakumbuh,Kota Pintar,BPPT,Riza Falepi

Payakumbuh gandeng BPPT wujudkan Kota Pintar

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat bersinergi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Indonesia untuk mewujudkan Kota Pintar.

"Pemkot Payakumbuh sudah melakukan kerja sama dengan BPPT agar Kota Pintar ini segera terwujud," kata Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Rabu.

Menurutnya kerja sama tersebut fokus dalam pengkajian kebijakan teknologi dan penguatan sistem inovasi daerah, pengkajian dan penerapan teknologi bidang agroindustri dan bioteknologi.

Kemudian bidang pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan, bidang ruang bangun dan rekayasa, serta informasi, energi dan material.

Setelah terwujudnya Kota Pintar ini, lanjutnya diharapkan dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat, apalagi saat ini merupakam era digital.

"Semoga dengan upaya ini dapat meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat," ujar dia.

Selain dengan BPPT, Pemkot Payakumbuh juga sudah melakukan kajian-kajian ke daerah yang sudah terlebih dahulu menerapkan Kota Pintar tersebut seperti Kota Tanggerang Selatan.

Di sana, kata Riza juga sudah dipelajari tata kelola pemerintahan, pelayanan perizinan, pelayanan publik, teknologi informasi, pertanian dan ketahanan pangan, pariwisata dan kebudayaan, serta pendapatan asli daerah.

Ke depan, ujarnya dalam penerapan Kota Pintar juga mesti dipelajari oleh organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan masyarakat sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal.

"Sesuai dengan namanya, kota pintar harus lebih mempermudah bukan mempersulit," tambahnya. ***4***