Satelit Terra-Aqua BMKG Jambi deteksi sembilan "hotspot"

id hotspot

Satelit Terra-Aqua BMKG Jambi deteksi sembilan "hotspot"

Ilustrasi. (Antara)

Hotspot terpantau di kabupaten Sarolangun sebanyak enam titik, Merangin satu titik, Tebo satu titik dan Batanghari satu titik,
Jambi, 16/7 (Antara) - Satelit Terra-Aqua Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi mendeteksi sebanyak sembilan titik panas (hotspot) setelah satu pekan sebelumnya juga terdeteksi dengan jumlah yang sama.

Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi, Nurangesti di Jambi, Senin, mengatakan, pemantauan hotspot update pukul 05.00 WIB itu terdeteksi di empat kabupaten di Jambi dengan tingkat kepercayaan (confident) terjadinya kebakaran 63 hingga 82 persen.

"Hotspot terpantau di kabupaten Sarolangun sebanyak enam titik, Merangin satu titik, Tebo satu titik dan Batanghari satu titik," tambah dia.

Ia mengemukakan kabupaten Sarolangun menjadi daerah yang paling banyak terdapat titik panas, terutama di kecamatan Mandiangin sebanyak empat hotspot dengan tingkat kepercayaan 63-76 persen.

Sedangkan di kecamatan Cermin Nan Gedang satu titik dengan tingkat kepercayaan 76 persen dan di kecamatan Sarolangun satu titik dengan tingkat kepercayaan 71 persen.

Di Kabupaten Batanghari hotspot terdeteksi satu titik tepatnya di kecamatan Mersam dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran 82 persen atau dengan tingkat kepercayaan lebih tinggi dari hotspot yang ada.

Sementara di Kabupaten Tebo terdeteksi satu titik tepatnya di kecamatan Sumay dengan tingkat kepercayaan 81 persen dan di kabupaten Merangin satu titik tepatnya di kecamatan Tiang Pumpung dengan tingkat kepercayaan 64 persen.

Nurangesti menjelaskan, tingkat kepercayaan terjadi kebakaran terendah (63) persen terdapat di kecamatan Mandiangin, Merangin dan tertingi (82) persen terdapat di kecamatan Mersam, Batanghari.

Khusus untuk wilayah Sumatera, provinsi Riau terdeteksi paling banyak hotspot update pada 16 Juli 2018 yakni 17 hotspot disusul rovinsi Sumatera Selatan dengan 12 hotspot.

Provinsi Aceh 11 hotspot, disusul Sumatera Utara dan Jambi sembilan hotspot, Sumatera Barat delapan hotspot, Lampung lima hotspot, Bangka Belitung empat hotspot dan Bengkulu satu hotspot.

Sebelumnya sembilan titik panas juga terdeteksi satelit BMKG Sultan Thaha Jambi satu pekan lalu di empat kabupaten di Jambi dengan tingkat kepercayaan 54 hingga 86 persen.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar