Padang Pariaman kembangkan e-waspada

id aplikasi e-waspada padang pariaman,aplikasi pengawasan pendidikan

Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, Heri Kurnia. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat sedang menyempurnakan aplikasi pengawas terpadu dan akurat berbasis elektronik (e-Waspada) yang sebelumnya hanya digunakan untuk pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Kami kembangkan lagi aplikasi itu agar bisa diterapkan ke tingkat SD dan SMP," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman melalui Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, Heri Kurnia di Parit Malintang, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya tidak tertarik untuk membuat aplikasi yang baru karena akan membahayakan kemananan serta kesulitan untuk menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

"Kami gunakan saja yang ada karena juga akan lebih hemat," katanya.

Pengembangan aplikasi tersebut dilakukan tahun ini dan rencananya tahun depan sudah dapat diterapkan untuk seluruh jenjang pendidikan di Padang Pariaman.

Ia menjelaskan penyempurnaan aplikasi tersebut karena melihat kemudahan pengawas dalam melaksanakan tugas dengan adanya aplikasi itu.

Kemudahan tersebut yaitu pengawas tidak lagi membawa berkas ke sekolah tetapi hanya membawa gawai atau gadget yang terhubung dengan internet.

Melalui aplikasi tersebut pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat juga dapat mengawasi kinerja pengawas dalam mengunjungi sekolah.

"Dengan pengembangan tersebut maka seluruh pengawas dapat menggunakannya," katanya.

Ia menyebutkan saat ini jumlah pengawas di daerah sekitar 100 orang dengan jumlah SMP 60 dan SD 408.

Sebelumnya, Pemkab Padang Pariaman meluncurkan aplikasi e-Waspada guna mempermudah kerja pengawas dalam mengawasi sekolah di daerah itu.

"Aplikasi ini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pengawasan dan pembinaan sekolah," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi saat peluncuruan e-Waspada di Parit Malintang, Rabu (29/11).

Ia mengatakan dengan ditingkatkannya pengawasan dan pembinaan maka akan berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan di Padang Pariaman. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar