Perantau asal Sumbar ikut membantu program pembangunan daerah

id perantau, pembangunan, indo jalito

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan delegasi Sumbar saat bersilaturahmi dengan Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Australia. (istimewa)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengatakan kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan oleh para perantau Minang di daerah tersebut ikut membantu program pembangunan daerah.

"Program-program sosial yang dilakukan oleh perantau di kampung halaman tentu sangat membantu pemerintah dalam upaya pembangunan daerah," katanya dalam kegiatan Bakti Sosial Khitanan Masal yang digagas oleh Organisasi Indo Jalito di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan dari sekian banyak organisasi sosial para perantau Minang, salah satunya adalah organisasi perantau perempuan Indo Jalito yang selama ini sudah banyak melakukan kegiatan sosial di Sumbar.

Menurut dia, selama ini organisasi tersebut telah rutin mengadakan kegiatan sosial setiap tahun dan hampir merata di seluruh kabupaten/kota dengan langsung turun lapangan.

"Selain bakti sosial sunatan masal seperti yang dilakukan sekarang ini, Indo Jalito juga sering ikut membantu korban bencana alam serta kaum dhuafa," katanya.

Ia mengharapkan ke depannya para perantau, termasuk Indo Jalito dapat semakin sukses di perantauan sehingga kegiatan sosialnya dapat terus berlanjut dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu Ketua Oarganisasi Indo Jalito, Nuning Harniman mengatakan kegiatan bakti sosial merupakan program tahunan yang rutin mereka laksanankan semenjak beberapa tahun lalu.

Menurutnya melihat antusias masyarakat setiap mengikuti kegiatan yang diadakan membuat ia bersama rekan-rekan di organisasi menjadi bertambah semangat untuk terus memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

Ia menambahkan, setiap tahun biasanya kegiatan bakti sosial dilakukan secara bergiliran di beberapa kabupaten/ kota di Sumbar.

"Biasanya terdapat tiga daerah yang menjadi sasaran setiap tahunnya, hal tersebut dilakukan agar kegiatan dapat berjalan maksimal dan merata," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar