Kemenag Pasaman Barat mulai distribusikan koper calon haji

id Calon Jemaah Haji,Tahun haji 2018,Kemenag Pasaman Barat

Kepala Kantor Kemenag Pasaman Barat, Miswan saat memperlihatkan koper calon haji Pasaman Barat yang akan dibagikan. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan sarana atau koper calon jamaah haji 2018.

"Seluruh koper jamaah saat ini sudah berada di Kantor Kementrian Agama Paasaman Barat. Bahkan sebagian diantaranya sudah diserahkan kepada jemaah yang besangkutan," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Pasaman Barat, Miswan di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan awalnya jumlah calon jamaah haji Pasaman Barat 2018 mencapai 300 orang.

Namun karena berbagai alasan dan halangan maka hanya tersisa sebanyak 281 orang jamaah. Lima diantaranya merupakan jemaah pindahan dari daerah lain.

Menurutnya setelah pembagian koper, seluruh jamaah akan melakukan tahapan pemeriksaan kesehatan dan suntik sejumlah vaksin agar menjaga ketahanan tubuh jemaah selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Ia mengaku hingga saat ini seluruh rangkaian persiapan berjalan lancar dan belum menemukan kendala yang berarti.

Ia meminta selama tahapan sebelum pemberangkatan seluruh calon haji Pasaman Barat bisa kooperatif dan tidak melanggar aturan. Terutama saat pemberangkatan pada kloter 16 nantinya.

"Jemaah diminta tidak membawa barang-barang terlarang sehingga tidal menemukan kendala saat pemeriksaan di bandara nantinya," tegasnya.

Ia menjelaskan persiapan keberangkatan calon haji di Pasaman Barat sudah mencapai 80 persen.

Calon haji sudah melakukan beberapa kali manasik haji hingga pembagian koper yang akan dibawa oleh jamaah menuju tanah suci.

"Setelah suntik managitis nantinya, jemaah diharapkan dapat menjaga kondisi kesehatan sampai berangkat dan pulang sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan khusuk," imbaunya. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar