Tidak ingin terjebak macet ? jalur Malalak solusinya

id malalak

Tidak ingin terjebak macet ? jalur Malalak solusinya

Arus balik Payakumbuh-Padang via Malalak ramai lancar. (Antara Sumbar/Novia Harlina).

Padang, (Antaranews Sumbar) - Memasuki H+4 Lebaran 1439 Hijriah jalur lalu lintas Payakumbuh-Padang via jalan alternatif Malalak-Sicincin terpantau ramai lancar dan tidak ada penumpukan kendaraan.

Berdasarkan pantauan, Rabu arus lalu lintas dari Payakumbuh menuju Padang sedikit tersendat di Padang Luar, kemudian setelah masuk ke jalur alternatif Malalak, perjalanan mulai lancar.

Di jalur alternatif yang sepi pada hari biasa tersebut lalu lintas ramai lancar, terutama oleh kendaraan roda empat dari arah Padang yang didominasi nomor polisi Riau.

Jalur alternatif Malalak dapat menjadi pilihan pengendara agar terhindar dari kemacetan di jalur utama, seperti di kawasan Silaing, Pasar Koto Baru, dan Padang Luar.

Selain sepi, kondisi jalannya cukup bagus dan pengendara juga akan disuguhkan pemandangan alam yang masih alami dan asri. Kemudian pemudik juga dapat berhenti di panorama Malalak untuk melepas penat.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Barat, Amran menyarankan pemudik saat Lebaran 1439 Hijriah untuk menggunakan jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan saat mudik maupun balik.

"Titik kemacetan tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, namun pengendara juga bisa memilih jalur alternatif agar terhindar dari macet," katanya.

Ia menyebutkan jalur alternatif itu di antaranya dari Padang menuju Bukittinggi yang ingin menghindari kemacetan di Pasar Lubuk Alung dapat melewati jalur alternatif bisa melewati Simpang Mapolsek Bandara Minangkabau-Simpang Ketaping-Pariaman.

Pemudik juga bisa melewati jalur alternatif Sicincin-Malalak untuk menuju Kota Bukittinggi. Kemudian agar terhindar dari kemacetan di jalur utama, seperti di kawasan Silaing, Pasar Koto Baru, dan Padang Luar dapat melewati jalur alternatif Sicincin-Malalak.

***1***