Warga LDII Agam ajak keluarga lakukan itikaf

id LDII

Warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Agam, sedang khusuk mengikuti itikaf di Masjid Nursima Syarif Simpang Tembok Kecamatan Lubukbasung, Selasa (12/6). (Antara Sumbar/Yusrizal) (.)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membawa seluruh anggota keluarga saat pelaksanaan itikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan 1439 Hijriah di Masjid Nursima Syarif Simpang Tembok, Kecamatan Lubukbasung.

Ketua LDII Agam, Hadi Saputra di Lubukbasung, Rabu, mengatakan, ini untuk melatih anak-anak agar taat kepada ajaran Agama Islam.

"Kegiatan ini rutin kita dilakukan setiap tahun saat Ramadhan," katanya.

Jemaah tersebut berasal dari Kecamatan Lubukbasung, Tanjungraya, Tanjungmutiara, Ampeknagari dan lainnya.

Mereka mengikuti kegiatan itu dengan membawa seluruh anak mereka baik yang masih berusia lima tahun sampai yang sudah remaja.

"Jumlah peserta itikaf berfariasi mulai dari puluhan dan ratusan orang. Namun yang paling ramai saat malam ganjil," katanya.

Ia menambahkan, itikaf itu diadakan setelah Shalat Tarwih dengan kegiatan tadarus Al Quran, zikir, ceramah agama, terjemahan adis atau mangkul hadis dan lainnya.

Setelah kegiatan itu, sebagian mereka ada yang pulang ke rumah dan ada yang makan sahur bersama di masjid.

"Makan sahur dan minuman merupakan sumbangan dari donatur. Untuk penceramah berasal dari ustad LDII Agam," katanya.

Selain mengadakan itikaf, LDII Agam juga membagikan takjil kepada pengendara yang melewati jalan di depan masjid.

"Ini sesuai dengan program lima sukses Ramadhan yakni, puasa, Shalat Tarwih, tadarus Al Quran, zakat fitrah, itikaf di masjid," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar