Tegakkan Syiar Islam, Forum Nagari Gelar Semarak Ramadhan

id forum nagari

Kegiatam Semarak Ramadhan Forum Nagari. Antara Sumbar/Istimewa.

Padang, (Antaranews Sumbar) – Dalam rangka menegakkan syiar Islam, Forum Nagari di Kecamatan Lubukkilangan, Pauh dan Lubukbegalung menggelar kegiatan Semarak Ramadan 1439 Hijriah pada 8 Juni- 12 Juni 2018.

Kegiatan ini juga dilaksanakan dua Kelompok Peduli Sosial (KPS) Jalur Angkutan Semen (JAS) yang diproduksi PT Semen Padang.

Koordinator Semarak Ramadhan Zumaidi di Padang, Senin mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen forum nagari tiga kecamatan dalam menegakkan syiar Islam di wiayahnya masing-masing.

Adapun kegiatan Semarak Ramadhan itu meliputi, bantuan masjid dan mushalla buka bersama, pembagian paket sembako, santunan anak yatim, dan kegiatan gema takbir.

Forum Nagari yang terlibat dalam kegiatan ini adalah, Indarung, Batu Gadang, Koto Lalang, Tarantang, Bandar Buat, Lambung Bukit, Padang Besi, Pampangan Nan XX, dan Limau Manis Selatan.

Zulmaidi yang merupakan Local Comunity Organizer (LCO) Kecamatan Lubuk Kilangan menambahkan, untuk Kelurahan Indarung, kegiatan Semarak Ramadhan yang dilaksanakan berupa bantuan masjid, bantuan mushalla, buka bersama dan bantuan paket sembako.

"Paket sembako ini ditujukan untuk Rumah Tagga Miskin (RTM). Mudah-mudahan ini dapat meringankan beban masyarakat miskin dalam menghadapi lebaran," ujar dia.

Forum Nagari di Kecamatan Lubuk Kilangan sudah berusia 4 tahun, dan sejak forum ini didirikan CSR Semen Padang, jumlah RTM di Lubuk Kilangan sudah dapat ditekan. Bahkan, ada kelurahan yang angka RTM-nya menurun hingga 14 persen.

Terkait masjid dan mushalla a yang dibantu dalam kegiatan Semarak Ramadhan, Zulmaidi mengatakan memprioritaskan masjid/mushalla yang aktif Tujuannya untuk mendorong rumah ibadah lainnya juga aktif

Sementara Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis yang didampingi Kepala Biro CSR Semen Padang Muhamad Ikar mengatakan, PT Semen Padang mendukung penuh kegiatan Semarak Ramadhan yang dilaksanakan forum nagari, karena sejalan dengan visi misi dan kebijakan CSR Semen Padang.

Dalam melaksanakan kegiatan CSR, menurut Iskandar, PT Semen Padang senantiasa melibatkan/mengoptimalkan sumber daya yang ada serta komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat. Salah satu wujud dari pelibatan masyarakat dalam pelaksanaan program CSR adalah dengan membentuk forum nagari.

Kabiro CSR Semen Padang Muhammad Ikrar menambahkan, Forum Nagari yang merupakan wadah perhimpunan Lembaga-lembaga Sosial Ekonomi Masyarakat, Kerapatan Adat Nagari dan pemangku kepentingan, pembentukannya diprakarsai PT Semen Padang diawali dengan adanya kesepakatan dalam bentuk deklarasi yang dilaksanakan di Bukittinggi pada 31 Januari 2015.

Tujuan dibentuknya Forum Nagari ini mengkoordinasikan dan mensinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, pemerintah dan perusahaan dalam mengoptimalkan sumberdaya, keahlian dan adat nagari secara berkelanjutan. Kedua, mengkonsultasikan program-program pemberdayaan masyarakat yang dapat mendukung program "Basinergi Membangun Nagari".

Ketiga, mengkomunikasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan kepada semua pemangku kepentingan baik di dalam kelurahan maupun di luar kelurahan dalam Kecamatan Lubukkilangan yang peduli terhadap kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Keempat, mendayagunakan modal sosial masyarakat kelurahan dalam menggerakkan kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya komunitas sasaran yang telah ditetapkan. Kelima, menumbuhkembangkan jalinan komunikasi dan informasi yang harmonis dan bersikesinambungan dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat antar lembaga dan kelompok-kelompok yang ada di tingkat kelurahan dan program lintas kelurahan
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar