April, 4.286 turis asing kunjungi Sumbar

id Turis Asing,Kunjungan Wisatawan Sumbar,BPS Sumbar

April, 4.286 turis asing kunjungi Sumbar

Sejumlah turis asing turun dari bukit di Desa Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai Senin (6/10). Kepulauan Mentawai menjadi salah satu destinasi wisata bahari di Sumatera Barat yang dikunjungi para turis untuk berselancar.(ANTARA SUMBAR/2013)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada April 2018 mencapai 4.286 orang atau turun 15,25 persen dibanding April yang tercatat sebanyak 5.057 orang.

"Kunjungan wisatawan asing pada April 2018 memberikan kontribusi sebesar 0,33 persen terhadap total wisman yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 1.300.738 orang," kata Kepala BPS Sumbar Sukardi di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan pada April 2018 kunjungan tetap didominasi oleh wisatawan asal Malaysia sebanyak 3.523 orang, Australia 284 orang, Amerika Serikat 47 orang, Perancis 40 orang, Singapura 39 orang, Jepang 27 orang, Tiongkok 24 orang, Inggris 24 orang, India 10 orang, dan negara lainnya 583 orang.

Ia memastikan jumlah yang terdata tersebut adalah mereka yang masuk melalui imigrasi di Bandara Internasional Minangkabau, jika sebelumnya dari Jakarta atau Medan maka akan didata di bandara kedatangan.

Sementara Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Sumatera Barat menyarankan pemerintah provinsi bisa meniru cara-cara yang dilakukan oleh Malaysia dalam menggaet wisatawan sehingga kunjungan turis ke Sumbar bisa terus naik.

"Saat ini ada dua kali penerbangan langsung dari Padang ke Kuala Lumpur, ini merupakan potensi yang bisa dioptimalkan untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan asal Malaysia," kata Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah.

Menurutnya salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah menyediakan semua kebutuhan wisatawan dan memberikan pelayanan terbaik.

"Malaysia menyediakan wisata yang lengkap mulai dari tujuan yang beragam, makanan enak dan halal, tempat berobat yang nyaman hingga tempat belanja yang menarik," kata dia.

Sebelumya, Direktur Tourism Malaysia di Medan Azhari Haron menyebutkan pada 2017 jumlah wisatawan Indonesia yang datang ke Malaysia mencapai 2,79 juta orang dengan lama menginap rata-rata 5,7 malam dengan total pendapatan 8,48 miliar ringgit.

"Kami menargetkan pada 2018 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 36 juta turis," kata dia.

Ia juga menargetkan kunjungan wisatawan asal Sumatera Barat khususnya Padang dan Bukittinggi ke negeri Jiran tersebut dengan menggelar kampanye Visit Malaysia 2020.

"Kami menggelar pertemuan dengan biro perjalanan, pengelola hotel, komunitas pariwisata di Padang dan Bukittinggi untuk memperkenalkan produk unggulan wisata Malaysia," katanya. (*)