Getar terus kampanyekan antirokok di Lampung

id Rokok

Getar terus kampanyekan antirokok di Lampung

Rokok (pixabay.com)

Menjelang bulan suci Ramadan, Getar Lampung juga melakukan aksi memungut sampah di Taman Gajah Enggal, Bandarlampung
Bandarlampung, (Antaranews Sumbar) - Generasi Tanpa Rokok (Getar) terus menyosialisasikan dan mengkampanyekan bahaya merokok khususnya kepada kalangan generasi muda di Lampung agar menjadi generasi yang sehat, produktif, dan kuat.

Menurut Koordinator Getar Lampung, Endiko Agung di Bandarlampung, Senin, pihaknya akan terus menyosialisasikan dan mengkampanyekan bahaya merokok khususnya untuk kaum muda di daerah Lampung.

Menjelang bulan suci Ramadan, Getar Lampung juga melakukan aksi memungut sampah di Taman Gajah Enggal, Bandarlampung.

Gerakan bersih-bersih itu diikuti juga oleh Komunitas Alumni Sekolah Muhammadiyah Lampung.

Endiko menegaskan, gerakan tersebut sebagai bentuk keprihatinan, masih banyak masyarakat yang kurang menjaga kebersihan di tempat fasilitas umum, dengan masih membuang sampah tidak pada tempatnya.

"Kami memungut sampah di areal taman hijau, selain sampah plastik sisa jajanan, kami juga memungut sampah puntung rokok," kata Endiko. Aksi bersih-bersih sampah termasuk puntung rokok ini dilakukan pada Minggu (13/5).

Aksi memungut sampah itu, juga dibantu oleh Komunitas Pencinta Kopi Lampung (KPKL) saat itu sedang memberikan kopi gratis. Mereka memberi pengumuman, agar pengunjung Taman Gajah tidak membuang sampah sembarangan, baik sampah sisa makanan maupun puntung rokok, demi keasrian Taman Gajah Enggal.

Getar Lampung terdorong mengkampanyekan antimerokok kepada kalangan generasi muda, mengingat kecenderungan makin banyak pelajar dan generasi muda yang menjadi perokok usia dini dan akhirnya terus menjadi perokok saat dewasa. Getar mengingatkan para perokok itu berisiko terkena penyakit berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan, dan memerlukan biaya besar untuk mengobatinya.(*)