Penyebaran flu burung agar diwaspadai para peternak di Curup

id flu burung

Penyebaran flu burung agar diwaspadai para peternak di Curup

Flu burung. (Antara)

Kasus flu burung yang terjadi di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, kata dia, menyerang 1.000 ekor lebih milik peternak ayam petelur di Desa Lubuk Belimbing I, Kecamatan Sindang Beliti Ilir pada awal April, di mana hasil pemeriksaan laboratorium Balai
Rejang Lebong, (Antara) - Penyebaran flu burung di wilayah Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu agar diwaspadai para peternak sebagaimana telah disampaikan Petugas Pusat Kesehatan Hewan setempat.

"Kasus flu burung yang dinyatakan positip sebelumnya pernah terjadi pada 2012 dan terbaru terjadi pada awal April 2018. Untuk kalangan peternak ayam diminta untuk mewaspadai penyebarannya," kata Kepala UPTD Puskeswan Curup drh Firi Asdianto di Rejang Lebong, Rabu.

Kasus flu burung yang terjadi di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, kata dia, menyerang 1.000 ekor lebih milik peternak ayam petelur di Desa Lubuk Belimbing I, Kecamatan Sindang Beliti Ilir pada awal April, di mana hasil pemeriksaan laboratorium Balai Veteriner Lampung dinyatakan positif flu burung.

Adanya kejadian flu burung itu, kata dia, menandakan kelengahan masyarakat di wilayah itu, karena kasusnya kembali terulang.

Untuk itu warga yang menemukan kasus kematian ternak ayam secara mendadak agar segera melaporkannya kepada petugas puskeswan terdekat sehingga bisa langsung diberikan penanganan.

"Kalau ada ternak ayam yang mati agar bangkainya dikubur, kemudian peternak juga harus rajin membersihkan kandang serta melakukan penyemprotan dengan desinfektan," ujarnya.

Sebelumnya, lebih dari 1.000 ekor ayam petelur milik warga Desa Lubuk Belimbing I mati terindikasi flu burung.

Kendati hasil dari pemeriksaan petugas dengan menggunakan "rapid test" dinyatakan positif, pihaknya belum berani memastikannya karena masih menunggu pemeriksaan dari Laboratorium Veteriner Lampung.

Berdasarkan keterangan peternak yang ternaknya terserang flu burung itu, kata dia, ayam yang dipeliharanya itu berjumlah 1.200 ekor dengan bibit anakan dibeli dari wilayah Kabupaten Muratara, Sumsel, sekitar 1.000 ekor dan riwayat vaksinnya tidak jelas, sedangkan 200 ekor lainnya dibeli dari peternak di wilayah Rejang Lebong.

"Saat berumur delapan bulan anakan ayam yang dari Muratara ini mati semuanya, dan yang dari Rejang Lebong tidak ada yang mati," kata Firi.(*)