IDI Dharmasraya periksa kesehatan 107 penyandang disabilitas

id Hari Bakti Dokter Indonesia

Seorang anak penyandang disabilitas berpose bersama Dokter usai mendapat pemeriksaan kesehatan dalam pemeriksaan kesehatan bagi 107 anak yang dilaksanakan Ikatan Dokter Indonesia Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis (3/5). (ANTARASUMBAR/Ilka Saputra)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar pemeriksaan kesehatan 107 anak penyandang disabilitas, dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-110.

"Kegiatan ini merupakan bentuk peduli kami organisasi dokter terhadap anak-anak berkebutuhan khusus," kata Ketua IDI Dharamsraya, Emal Suhedi di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan IDI seluruh cabang Sumbar, sekaligus pemecahan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk pemeriksaan kesehatan bagi 1.100 penyandang disabilitas.

"Dilakukan serentak hari ini yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Sumbar, IDI Dharmasraya juga melakukan hal yang sama," katanya.

Pada kegiatan tersebut anak berkebutuhan khusus mendapatkan pemeriksaan kesehatan dasar, jika mengidap penyakit lanjutan akan ditangani dokter spesialis, kata dia.

Ia mengatakan dalam acara tersebut IDI melibatkan anak-anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pulau Punjung, SLB Koto Agung, dan SLB Sungai Rumbai.

Ia menyebutkan dalam kegiatan itu IDI Dharmasraya mengikutsertakan 73 dokter umum dan tujuh dokter spesialis.

Sebelumnya dalam rangka memperingati HBDI, kata dia IDI Dharmasraya juga memberi pelayanan kesehatan daerah terpencil di Nagari Silago, Kecamatan IX Koto.

Hari ini, lanjutnya IDI menggelar pemeriksaan kesehatan bagi penyandang disabilitas dan dilanjutkan buka bersama pada 20 Mei 2018.

"Puncak peringantan HBDI tahun ini dipusatkan di Padang pada 30 Mei, kegiatannya Seminar Nasional dengan tema Disabilitas," tambah dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar