CSR Aqua Solok Bantu 1.737 Jiwa

id CSR Aqua Solok

CSR Aqua Solok Bantu 1.737 Jiwa

Kepala Pabrik Aqua Solok, Jaitun Sidabutar saat menjelaskan tentang program Aqua. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Tirta Investama Plant Aqua Solok, Sumatera Barat telah membantu 1.737 penerima manfaat sejak berdiri 2013 hingga 2018 dalam program water acces sanitation and hygiene (Wash) atau pembangunan sarana akses air bersih dan penyehatan lingkungan di daerah tersebut.

"Program WASH kita sudah ada di empat titik lokasi Kayu Aro dan Lubuk Selasih, sudah 1.737 jiwa penerima manfaat, dua SD di SDN 40 Kayu Aro dan SDN 07 Batang Barus, dan membentuk 24 kader PHBS," ujar Kepala Pabrik PT. Tirta Investama Aqua Solok, Jaitun Sidabutar di Lubuk Selasih, Senin.

Selain itu, ia menyebutkan ada juga program Strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berupaya dalam rangka percepatan peningkatan akses terhadap sanitasi dasar di Indonesia, yang dilakukan di dua titik Kayu Aro dan Kayu Jao, Nagari Batang Barus.

Dalam STBM ada 489 jiwa penerima manfaat, dengan pembangunan 76 septic tank, 12 kader STBM, 11 kali Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk posyandu di Kabupaten Solok.

Ada juga program sekolah lapangan alpukat dan tomat sejak 2015, yang mengajarkan petani atau masyarakat setempat pelatihan membuat kompos, pelatihan sambung pucuk alpukat, perlakuan penanaman tomat dan pengolahan produk berbahan tomat, dan lainnya.

"Pada 2016 ada 20 anggota yang belajar, dan pada 2017 ada 25 orang ikut. Kegiatan sekolah lapangan berdasarkan kebutuhan dan permintaan masyarakat yang waktu itu kesulitan menjual tomat karena harga anjlok," ujarnya.

Aqua Solok juga membangun Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) untuk program lingkungan sebagai ruang terbuka hijau, konservasi melalui koleksi tanaman lokal, dan area pendidikan dan pengenalan tumbuhan.

"Ada 73 jenis tumbuhan lokal, dan tanaman kayu yang coba kita tanam di taman Kehati dengan luas kurang dari tujuh hektar," katanya.

Nantinya, masyarakat dapat membantu pengembangan, penanaman, perawatan, dan pengamatan tentang jenis tumbuhan taman tersebut. Masyarakat luas juga bisa melihat dan datang ke taman Kehati melalui prosedur yang sesuai.

Sementara itu, Pihak Aqua pusat, Miekel Limena mengatakan banyak yang bisa dilakukan dan dieksplor bersama untuk kepentingan bersama masyarakat Solok terutama yang berada di sekitar pabrik Aqua.

Ia menyebutkan mungkin masyarakat di luar sana masih banyak yang belum tahu tentang kegiatan pabrik Aqua Solok. Dengan adanya pertemuan dengan media dapat menyebarkan informasi dan kebaikan kepada khalayalak luas.

"Kita berusaha terus menjalankan CSR sesuai kebutuhan masyarakat terutama yang berada di sekitar pabrik," katanya. (*)