Pengurus KONI Agam segera dilantik

id KONI

Pengurus KONI Agam  segera dilantik

Pengurus KONI Kabupaten Agam periode 2018-2022 melakukan rapat persiapan pelantikan. Antara Sumbar/ Yusrizal

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat periode 2018-2022 bakal dilantik KONI Sumbar pada Selasa (6/3).

Ketua KONI Agam terpilih, Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan pelantikan langsung dilakukan oleh Ketua KONI Sumbar Syaiful di aula kantor bupati setempat.

"Saat ini panitia sedang melakukan persiapan pelantikan mulai dari undangan, lokasi dan lainnya," katanya.

Rencananya, jumlah undangan yang akan hadir saat pelantikan i sekitar ratusan orang yang berasal dari ketua KONI kabupaten dan kota di Sumbar, pengurus cabang olahraga di Agam dan lainnya.

Ia menambahkan, pelantikan ini dilakukan setelah surat keputusan pengurus KONI Agam periode 2018-2022 sudah dikeluarkan oleh KONI Sumbar.

Sebelumnya, KONI setempat mengelar musyawarah olahraga kabupaten luar biasa pada Rabu (21/2).

Setelah itu formatur menyusun kepengurusan dan menyerahkan nama-nama kepengurusan ke KONI Sumbar untuk diterbitkan surat keputusan (SK).

"Proses pemilihan ketua, penyusunan kepengurusan dan pelantikan sangat singkat, karena tugas berat dari pengurus baru sudah menanti yakni, pra Porprov di Padang Pariaman," katanya.

Setelah pelantikan selesai, KONI akan melakukan rapat kerja dengan 32 cabang olahraga di daerah itu dalam membahas persiapan pra Porprov.

Ini mengingat bahwa seluruh yang membela daerah itu saat Porprov pada November 2018, harus lolos pra Porprov.

"Bagi atlet yang tidak lolos pra Porprov maka tidak bisa membela Agam saat event dua tahunan itu," tegasnya.

Untuk itu, pihaknya berharap seluruh bidang di pengurusan dan cabang olahraga untuk mempersiapkan atlet untuk mengikuti pra Porprov yang akan dilakukan pada Maret 2018.

Dengan cara itu, seluruh cabang lolos pra Porprov, sehingga pada Porprov nanti Agam bisa mempertahankan peringkat tiga besar perolehan medali.

"Pada Porprov di Padang 2016, Agam berada di peringkat tiga besar," katanya.