Kepala BKKBN Tinjau Rumah Dataku di Bukittinggi

id BKKBN

Kepala BKKBN Tinjau Rumah Dataku di Bukittinggi

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Surya Chandra Surapaty (kiri) meninjau pelayanan KB Metoda Operasi Pria atau Vasektomi dalam rangka hari bakti sosial TNI KB di Makodim 0312 Padang, Selasa (24/10). (ANTARA SUMBAR/Ikhwan Wahyudi)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Surya Chandra Surapaty meninjau rumah dataku di Kampung Keluarga Berencana (KB) Kuriman Sejahtera, Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Selasa(24/10).

"Ini ibu sudah tahu cara mengisi data-datanya?" tanya dia kepada kader KB di rumah dataku.

Setelah menanyai kader KB yang ada di rumah dataku, Surya menjelaskan beberapa hal yang perlu diisi dalam data keluarga.

Ia juga meminta ibu-ibu yang berkumpul di kampung KB untuk mengingatkan anak-anaknya agar menjadi remaja generasi berencana yang menghindari pernikahan dini, seks bebas dan narkoba.

Ada pun Sekretaris Perwakilan BKKBN Sumbar Budi Mulya menuturkan hingga kini belum semua kampung KB memiliki rumah dataku karena belum semua kader KB dibekali tentang data keluarga.

"Sampai sekarang baru satu kampung KB di satu kabupaten ada rumah dataku. Belum semua kampung KB punya pengetahuan," kata dia.

Kampung KB yang memiliki rumah dataku akan menjadi percontohan untuk kampung KB lain agar segera menyusul.

Budi mengatakan data keluarga di kampung KB berisi data keluarga, pasangan usia subur, peserta KB, data anak, balita lansia serta kelompok kegiatan.

"Data basisnya pendataan keluarga diperbarui setiap tahun," ucap dia.

Sementara hingga kini di Sumatera Barat terdapat 190 kampung KB yang ada di 179 kecamatan. (*)