LAN akan Bangun Pusdiklat di Padangpariaman

id Lembaga Administrasi Negara, Pusdiklat, Padangpariaman

LAN akan Bangun Pusdiklat di Padangpariaman

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Adi Suryanto (dua kiri) sedang mendengarkan pemaparan tentang kawasan Tarok, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Padangpariaman, Sumatera Barat, dari Bupati setempat, Ali Mukhni, Selasa (4/7). LAN RI akan membangun gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis serta Assement Center di kawasan Tarok guna meningkatkan sumber daya manusia aparatur sipil negara di daerah itu. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M. S. )

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Lembaga Administrasi Negara RI akan membangun gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis serta Assement Center di kawasan Tarok, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

"Kawasan ini cocok menjadi pusat pendidikan karena selain udaranya sejuk, lahan yang disediakan juga luas," kata Kepala LAN Adi Suryanto saat mengunjungi kawasan Tarok, Selasa.

Dari 697 hektare lahan yang tersedia, pemerintah setempat menyerahkan 100 hektare kepada LAN namun lembaga tersebut hanya mengambil 45 hektare agar instansi lain dapat membangun fasilitasnya di daerah itu.

Menurutnya lahan seluas 45 hektare sudah mencukupi untuk membangun sejumlah fasilitas pendidikan dan pelatihan.

Ia mengatakan pihaknya telah mengajukan anggaran ke DPR RI untuk pembangunan gedung Pusdiklat dan assement center untuk ASN tersebut.

"Namun untuk pembangunan gedung tentu melalui proses yang panjang karena ini merupakan pembangunan skala nasional," katanya.

Meskipun begitu, pihaknya yakin akan membangun gedung Pusdiklat di daerah tersebut dan hal itu didukung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Bahkan saya telah meneken nota kesepahaman untuk pembangunan fasilitas Pusdiklat dengan pemerintah setempat," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni mengatakan kunjungan tersebut merupakan tindaklanjut dari paparan pihaknya kepada LAN beberapa waktu lalu.

"Dari pemamparan tersebut LAN tertarik untuk membangun gedung Diklat dan assement center di kawasan Tarok sehingga tadi," kata dia.

Ia berharap LAN segera membangun fasilitasnya pendidikan dan pelatihannya di daerah itu guna mengangkat perekonomian masyaralat setempat.

Ia mengatakan selain LAN, sejumlah perguruan tinggi lain juga tertarik membangun fasilitas pendidikannya di kawasan tersebut.

"Bahkan tahun ini rencananya sudah ada yang akan membangun," ujar dia. (*)