YLKI Sumbar Imbau Masyarakat Menjadi Konsumen Cerdas

id Danil Aswad

YLKI Sumbar Imbau Masyarakat Menjadi Konsumen Cerdas

Ketua YLKI Sumbar, Danil Aswad. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Barat mengimbau masyarakat di provinsi itu agar menjadi konsumen yang cerdas dalam berbelanja dengan cara selektif dalam memilih makanan yang akan dibeli.

Ketua YLKI Sumbar, Danil Aswad di Padang, Selasa, mengatakan selama Ramadhan ini sangat rentan beredar makanan yang mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan, oleh sebab itu jadilah konsumen yang cerdas.

Ia menyebutkan untuk Kota Padang sendiri seharusnya masyarakat sudah mengerti terkait hal ini, sebab informasi begitu mudah didapatkan.

Menurut dia, hal-hal yang berkaitan dengan penyebaran zat-zat berbahaya seperti Rhodamin B dan Boraks pada makanan sudah banyak diberitakan di media massa.

"Informasi terkait ciri-ciri makanan yang mengandung zat-zat tersebut sudah banyak di media massa, oleh sebab itu masyarakat harusnya bisa lebih selektif," ujarnya.

Ia menambahkan dalam hal ini pihaknya terus mengamati keadaan di lapangan, seandainya ditemukan pelanggaran maka hal tersebut akan ditindak oleh pihak terkait.

"Jika ada indikasi pelanggaran yang nantinya dapat merugikan konsumen maka kami akan melaporkannya pada pihak terkait seperti Dinas Perdagangan dan BPOM untuk dapat ditidaklanjuti," katanya.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), Sumatera Barat, Zulkifli mengatakan terkait dengan masih ditemukannya zat berbahaya pada makanan diakibatkan masih kurangnya kepedulian pelaku usaha dan konsumen tentang keamanan pangan dan bahayanya bagi kesehatan.

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk menyosialisasikan keamanan pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat, agar dapat terhindar dari berbagai makanan yang mengandung bahan pangan berbahaya," katanya. (*)