Disparekraf Sumbar Dorong Pembentukan Asosiasi Profesi Fotografer

id Asosiasi, Profesi, Fotografer

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumatera Barat mendorong pembentukan Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) di kabupaten/kota daerah ini.

"Kami memandang asosiasi tersebut perlu ada, untuk mensertifikasi fotografer di 19 kabupaten dan kota di Sumbar," kata Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Media Desain dan Iptek Disparekraf Sumbar Aprimas, saat menghadiri pameran karya akhir mahasiswa pascasarjana ISI Padang Panjang, di Padang, Selasa.

Pihaknya menilai kualitas karya dari fotografer di Sumbar sudah bagus.

"Untuk potensi kami optimistis dengan fotografer di Sumbar. Hal itu bisa terlihat dari karya-karya mereka yang sudah dipakai sebagai pajangan perkantoran, dinas, hotel, termasuk lomba-lomba yang diadakan oleh Disparekraf Sumbar," katanya lagi.

Sertifikasi itu, lanjutnya, diperlukan untuk profesionalisme fotografer yang ada di daerah setempat.

Saat ini, lanjutnya, di Sumbar telah terbentuk Pengurus Daerah (Pengda) APFI yang diinisiasi oleh sejumlah fotografer daerah tersebut.

Pengawas APFI Pengda Sumbar Ezu Oktasvianus menyebutkan selain Pengda APFI Sumbar, juga telah dibentuk Pengurus Cabang (Pengcab) untuk dua kabupaten/kota di daerah ini.

"Sudah dibentuk dua Pengcab yaitu Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Dibentuk pada November 2015," katanya pula.

Menurut Ezu yang juga Ketua Jurusan Fotografi Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang itu, keberadaan APFI bertujuan untuk memberikan sertifikasi kepada fotografer melalui kerja sama APFI daerah dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Fotografi Indonesia (LESKOFI).

Berkaitan dukungan Disparekraf Sumbar untuk perkembangan fotografi daerah itu selanjutnya, Aprimas menyebutkan pihaknya akan menggiatkan pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek), seminar, serta perlombaan foto.

Pihaknya juga menyediakan ruang pameran melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya setempat. (*)