Kodim 0308 Pariaman Bedah Rumah Para Veteran

id Kodim 0308 Pariaman

Pariaman, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Pariaman, Sumatera Barat, melakukan aksi sosial bedah rumah para veteran di daerah itu dalam rangka HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0308 Pariaman, Letkol. Arhanud. Endro Nurbantoro, di Pariaman, Selasa, mengatakan total enam unit rumah akan dibedah untuk para veteran yang masih hidup di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

"Para veteran tersebut merupakan saksi hidup sejarah bangsa kita dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, oleh sebab itu sudah sepatutnya mereka lebih dihormati negara," kata.

Ia mengatakan aksi sosial tersebut telah dilakukan dan sedang berlangsung karena terdapat enam unit rumah yang dibedah. Untuk dana bedah rumah para veteran tersebut, Kodim 0308 bekerja sama sengan salah satu perusahaan milik negara di kota itu.

"Kita targetkan pada 17 Agustus dua unit rumah dapat diselesaikan, dan sisanya diteruskan setelah itu," ujarnya.

Untuk membedah enam unit rumah tersebut diperkirakan memakan biaya mencapai Rp240 juta. Satu unit rumah dianggarkan sebesar Rp40 juta.

"Tipe rumah yang kita bangun tersebut permanen dengan dilengkapi tiga kamar sehingga para veteran bisa merasakan kenyamanan untuk menempatinya," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di kota itu agar merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2016 dengan penuh khidmat.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar, mengatakan HUT RI merupakan momentum revolusi mental untuk membangun bangsa.

"Bangsa Indonesia memang telah merdeka dari penjajah secara nyata, kini saatnya mengisi kemerdekaan dengan semangat revolusi mental dan bekerja untuk bangsa," kata dia.

Ia mengatakan sudah saat saatnya setiap masyarakat bekerja dan berbuat untuk pembangunan kota, bukan hanya untuk berbicara tanpa tidak berbuat.(*)