Panitia TdS Survei Persiapan Pasaman Barat

id Panitia TdS

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Panitia "Tour de Singkarak" (TdS) melakukan survei terakhir terhadap kesiapan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, sebagai tempat titik akhir etape 3 pada 8 Agustus 2016.

"Survei ini adalah survei terakhir panitia dari organisasi balap sepeda dunia di rute Talu-Simpang Empat," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pasaman Barat, Abdi Surya di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan, survei dilakukan khusus terhadap jalan atau rute yang ditempuh dari perbatasan dengan Kabupaten Pasaman tepatnya di Tinggam Talu.

Selain itu, panitia juga menyurvei lokasi finish yang berada di depan kantor bupati Pasaman Barat.

"Pada prinsipnya persoalan jalan tidak ada masalah. Tinggal perbaikan sedikit dan pembersihan jalan di sejumlah titik," katanya.

Khusus lokasi finish, panitia juga melihat tempat panggung, tenda buat pembalap dan lainnya.

Ia menyebutkan, pihaknya melalui Dinas Pekerjaan Umum Pasaman Barat juga akan meningkatkan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Sumbar.

"Pada Kamis (21/7) kami juga akan melakukan rapat teknis bersama instansi terkait termasuk dengan pihak keamanan," katanya.

Ia menjelaskan, para pembalap etape 3 akan menempuh jarak sekitar 122,8 kilometer dari Bonjol Kabupaten Pasaman menuju Simpang Empat Pasaman Barat.

"Pada prinsipnya kami siap menyambut ajang tahunan TdS yang secara resmi akan digelar pada 6-14 Agustus 2016. Pasaman Barat siap menjadi tempat finish pada etape tiga," katanya.

Ia menambahkan, pada etape tiga tersebut, pembalap akan menempuh jalur Bonjol Pasaman, Lubuk Sikaping, Panti Talu dan Simpang Empat.

"Mudah-mudahan pelaksanaan TdS di Pasaman Barat dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya

Ia mengharapkan kepada masyarakat agar ikut menyukseskan pelaksanaan TdS di Pasaman Barat. Sebab tanpa dukungan masyarakat maka pelaksanaan TdS tidak akan sukses.

Saat survei, panitia dari pusat juga didampingi Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat AKBP Djoko Ananto beserta jajaran, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas PU dan instansi terkait lainnya. (*)