Pengamat: Nafis Gumay Pantas Pimpin KPU

id Pengamat

Padang, (Antara Sumbar) - Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Asrinaldi menilai terpilihnya Hadar Nafis Gumay sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah tepat karena ia memang pantas memimpin lembaga tersebut.

Melihat dari cara kerja mereka yang lebih bersifat kolektif kolegial sehingga pemimpinnya dijadikan simbol untuk memotivasi agar lebih giat bekerja, kata dia di Padang, Rabu.

Ia menambahkan terpilihnya Hadar Nafis Gumay sebagai Plt Ketua KPU tidak terlepas dari penguasaan dan pengalaman Nafis Gumay di bidang pemilihan umum di Indonesia.

Bahkan ia telah melakukan kegiatan pemantauan terhadap pemilihan umum sejak 1999 sehingga memiliki pengalaman yang mencukupi, ujarnya.

Dengan pengalaman yang dimiliki Hadar Nafis Gumay maka dia dapat memimpin KPU menjadi lebih baik.

Asrinaldi mengatakan siapa pun yang akan terpilih menjadi Ketua Umum KPU dapat menjamin keadilan dan ketransparanan ketika pemilihan, terlebih Pemilihan Kepala Daerah secara serentak yang akan dilaksanakan Februari 2017.

Sebelumnya Komisioner KPU telah memutuskan Hadar Nafis Gumay menjadi Plt Ketua KPU RI melalui rapat pleno pada Selasa (12/7).

Hadar Nafis Gumay akan memimpin KPU RI sampai dengan terpilihnya Ketua KPU RI definitif, ujar Komisioner KPU RI Sigit Pamungkas, di Jakarta, Selasa, (12/7).

Ia menambahkan pemilihan Ketua KPU RI definitif akan dilakukan pada rapat pleno berikutnya pada Senin 18 Juli 2016.

Terpilihnya Hadar Nafis Gumay sebagai Plt Ketua KPU RI untuk menggantikan Almarhum Husni Kamil Manik yang wafat pada Kamis, 7 Juli 2016. (*)