Siswa SMPN 2 Padang Panjang UN CBT

id Siswa SMPN 2

Padang Panjang, (Antara) - Sebanyak 148 orang siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, akan mengikuti Ujian Nasional (UN) dengan berbasis komputer atau computer based test (CBT).

"Semua siswa yang melaksanakan UN CBT itu murid SMPN 2 Padang Panjang," kata Kepala Dinas Pendidikan Padang Panjang Desmon di Padang Panjang, Rabu.

Ia menambahkan, ujian berbasis komputer tersebut untuk SMPN 2 sudah dilaksanakan sebanyak dua kali. "Pertama dilaksanakan pada tahun ajaran 2014/2015 dan yang kedua tahun ini," ujarnya.

Pelaksanaan UN CBT itu katanya, merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengurangi resiko kebocoran soal.

Pelaksanaan UN CBT itu juga tergantung dari kesiapan sekolah yang bisa menyediakan sarana dan prasarana komputer selama pelaksanaan UN.

"SMPN 2 dari segi peralatan sudah memadai sebagaimana tahun sebelumnya," ujarnya.

Mengenai kesiapan siswa, lanjutnya, sudah dikenalkan dengan ujian nasional berbasis komputer dengan melakukan uji coba dengan menggunakan komputer.

"Rasanya kalau SMPN 2 sudah siap melaksanakan UN CBT, karena tahun sebelumnya juga melaksanakan UN CBT," sebutnya.

Murid SMPN 2 Padang Panjang, Rita mengaku sudah siap untuk melaksanakan UN CBT itu, karena pihak sekolah sudah memperkenalkan cara pelaksanaan UN berbasis komputer.

"Kami sudah melakukan berbagai percobaan untuk melaksankan UN CBT itu. Sekarang tinggal pelaksanaannya saja," tambahnya.

Pada ujian nasional berbasis komputer atau CBT, siswa akan mengerjakan soal ujian dengan menggunakan komputer yang akan berlangsung 9 sampai 12 Mei 2016. (*)