Empat Siswa Bukittinggi akan Ikuti UN Susulan

id UN Susulan, Bukittingi

Empat Siswa Bukittinggi akan Ikuti UN Susulan

Seorang siswa SMKN 1 Solok Selatan, Sumatera Barat, mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Selasa (5/4). (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Bukittinggi, (AntaraSumbar) - Sebanyak empat siswa tingkat sekolah menengah atas (SMA) di Kota Bukittinggi, akan mengikuti Ujian Nasional (UN) susulan pada 11 hingga 14 April 2016.

Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bukittinggi, Asrizal di Bukittinggi, Kamis (7/4), menyebutkan keempat siswa tersebut terdiri dari dua orang siswa SMA dan dua orang siswa SMK.

"Keempatnya sakit saat ujian berlangsung. Untuk siswa SMA, keduanya tidak ikut ujian pada hari pertama, sementara dua siswa SMK tidak ikut ujian sejak hari pertama hingga terakhir," tambahnya.

Ia menyebutkan, siswa SMA tersebut berasal dari SMAN 2 jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan dari SMA Karya Bakti jurusan IPS yang sakit saat ujian mata pelajaran ke dua di hari pertama.

Sementara ke dua siswa SMK yang tidak hadir selama UN tersebut berasal dari SMK Gema Nusantara dan SMK Elektonika Indonesia.

"Mereka dijadwalkan mengikuti ujian susulan pada 11 hingga 13 April di SMAN 1 untuk siswa SMA dan 11 hingga 14 April 2016 di SMKN 2 untuk siswa SMK," jelasnya.

Ia mengatakan pelaksanaan UN berbasis kertas maupun UN berbasis komputer (UNBK) atau dalam jaringan (daring) di daerah itu berlangsung lancar sejak hari pertama.

"Mulai dari distribusi soal tidak ada kendala. Dalam pelaksanaan UNBK juga tidak ada laporan gangguan pemadaman listrik maupun jaringan internet dan komputer rusak," ujarnya.

Ia mengimbau para siswa, walaupun sudah menyelesaikan UN, tetap harus giat belajar mempersiapkan diri terutama bagi yang akan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi.

Perjuangan masih panjang. Termasuk juga bagi siswa SMK yang ingin memasuki dunia usaha. Persiapkan diri dan cari bidang yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Sementara itu, Ketua DPRD setempat, Beny Yusrial berharap agar hasil UN sesuai dengan yang diharapkan.

"Kami harap, usaha dari para siswa, orangtua dan tenaga pendidik dalam persiapan menghadapi ujian terbayar dengan memperoleh nilai yang baik dan berintegritas," katanya. (cpw)