Helikopter BNPB Distribusikan Logistik Bencana Ke Pasaman

id Helikopter BNPB Distribusi Logistik

Padang, 13/2 (Antara) - Helikopter bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mulai dioperasikan untuk mendistribusikan logistik bagi warga terdampak bencana banjir dan longsor di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).

"Pagi tadi helikopter sudah diberangkatkan mendistribusikan logistik ke Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Pasaman," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai menerima jabatan dari Penjabat (Pj) gubernur, Reydonnyzar Moenek di auditorium gubernuran di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan, selama beberapa hari ke depan, helikopter itu akan terus dioperasikan untuk pendistribusian bantuan bagi masyarakat.

"Karena menurut laporan akses transportasi pada sejumlah daerah terputus akibat banjir dan longsor, kita harus menggunakan transportasi udara. Mudah-mudahan, hal ini bisa mempercepat proses distribusi bantuan," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Zulfiatno mengatakan, untuk Kabupaten Pasaman, masih ada warga yang terisolasi dan belum mendapatkan bantuan secara maksimal yaitu di Sungai Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan.

"Data sementara, jumlahnya mencapai 8.000 jiwa," katanya.

Ia mengatakan, sebelum melakukan distribusi melalui udara, tim di lapangan tetap berusaha melakukan penyaluran logistik semampunya dengan kendaraan roda dua.

Logistik yang disalurkan menurutnya berupa makanan cepat saji, peralatan kesehatan, kebutuhan anak dan pakaian.

Hujan lebat yang berlangsung sejak 5 Februari 2016, menyebabkan banjir dan longsor di 10 kabupaten/kota di Sumbar pada Minggu dan Senin (7-8/2).

Tiga daerah yang terparah akibat banjir yaitu, Kabupaten Pasaman, Limapuluh Kota dan Solok Selatan (Solsel).