NP-WCC Gelar Diskusi Stop Kekerasan Terhadap Perempuan

id Stop, Kekerasan, Perempuan

NP-WCC Gelar Diskusi Stop Kekerasan Terhadap Perempuan

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (AntaraSumbar) - Nurani Perempuan Women's Crisis Center (NP-WCC) Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan Diskusi Musikal "Sister in danger" dengan tema stop kekerasan seksual terhadap perempuan di Padang, Senin.

"Acara ini masih dalam rangkaian kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan, dimana acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat terutama mahasiswa tentang kasus-kasus kekerasan yang terjadi pada perempuan," kata Koordinator Pendampingan Korban NP-WCC, Meri Ramhi Yenti di Padang, Senin.

Ia mengatakan pengetahuan dan informasi tentang kekerasan seksual yang terjadi pada perempuan disampaikan melalui musik.

"Melalui dialog atau kampanye, biasanya kurang diminati oleh masyarakat terutama anak muda dan remaja sehingga dengan adanya kawan-kawan Simponi sehingga dapat menarik perhatian masyarakat dan informasi dapat tersampaikan dengan baik," katanya.

Ia menjelaskan Band Simponi juga ikut menyuarakan bahaya akan kekerasan seksual yang terjadi pada perempuan. Sesuai dengan lagu dari Simponi yang berjudul "sister in danger".

"Lagu yang berjudul 'sister in danger' atau saudara perempuan dalam bahaya menyuarakan tentang bahaya kekerasan terhadap perempuan," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat terutama anak muda memahami akan bahaya dari kekerasan seksual yang terjadi.

Ia menambahkan laki-laki memiliki hak untuk dapat menyuarakan isu-isu yang terkait tentang kekerasan yang terjadi pada perempuan.

Mahasiswa Unes, Elin (19) mengatakan dengan adanya acara diskusi musikal ini, ia mendapatkan manfaat dan informasi.

"Lebih mengingatkan saya dalam bergaul dengan teman. Perempuan juga perlu dilindungi, dihormati dan tidak terjerumus pada pergaulan bebas," katanya.

Manfaat lainnya, ia dapat lebih menjaga diri agar tidak menjadi korban dan perempuan harus dihargai bukan malah menjadi korban kekerasan seksual. (cpw)