Warga Manfaatkan Twitter Berbagi Info Arus Mudik

id Warga Manfaatkan Twitter

Padang, (Antara) - Sejumlah warga di Sumatera Barat (Sumbar), memanfaatkan akun jejaring sosial twitter untuk berbagi info arus lalu lintas di daerah itu selama mudik Lebaran 1436 Hijriah.

Pantauan di Padang, Sabtu, melaporkan salah satu akun twitter yang menjadi rujukan pemudik adalah @infosumbar dimana dalam dua hari terakhir terpantau aktif tweet yang melaporkan perkembangan arus mudik di Sumbar.

Admin akun twitter @infosumbar Irfan mengatakan sejak tiga tahun terakhir akun tersebut digunakan warga untuk saling berbagi info lalu lintas dan arus mudik hingga suasana di objek wisata.saat Lebaran

"Setiap hari minimal terdapat 30 tweet yang mengabarkan perkembangan arus dari berbagai wilayah di Sumbar," ujar dia yang akrab di sapa Emenn.

Ia mengatakan warga secara sukarela berbagi info atau bertanya situasi arus lalu lintas pada suatu wilayah sehingga dapat menjadi rujukan bagi yang lain saat hendak bepergian.

Berdasarkan pantau hingga pukul 14.30 WIB pada Sabtu akun @andriyulian1 melaporkan arus lalu lintas rute Lubuk Alung- Pariaman lancar disertai foto.

Sementara akun @widyaputri22 melaporkan jalur Payakumbuh-Bukittinggi padat merayap.

Tidak hanya berbagi info, admin juga memberikan saran bagi warga yang hendak menuju Bukittinggi agar melalui jalur alternatif Malalak karena terjadi kepadatan pada sejumlah titik yaitu Pasar Usang, Pasar Lubuk Alung, Pasar Sicincin dan Silaing.

Selain itu ada juga warga yang bertanya seputar info lalu lintas seperti akun @uul_paul yang menanyakan info kondisi jalan Bukittinggi-Payakumbuh.

Akun @infosumbar yang telah memiliki 69,3 ribu pengikut tersebut juga sarana bagi warga berbagai situasi cuaca dan kondisi objek wisata.

"Biasanya kalau ada warga yang bertanya beberapa lama ada yang akan memberikan informasi dan langsung kami retweet," lanjut Irfan.

Sementara itu, Agung salah seorang warga Padang yang hendak mudik merasa cukup terbantu dengan adanya berbagi info melalu twitter.

"Saya jadi tahu kondisi lalu lintas cukup dengan menggunakan telepon seluler, kalau sudah macet parah dapat mencari jalur alternatif," kata dia.

Ia mengatakan kesadaran warga untuk saling berbagi info di jejaring sosial merupakan salah satu bentuk citizen jurnalisme yang perlu dikembangkan. (*)