Balimau, Pemandian Lori Lubuak Minturun Disesaki Warga

id pemandian, lori, lubuk minturun

Padang, (AntaraSumbar) - Pemandian Lori, Lubuak Minturun, Kecamatan Kototangah, Kota Padang, disesaki warga yang datang untuk melaksanakan kegiatan balimau, menjelang puasa Ramadhan 1436 Hijriah.

Menurut petugas penjual tiket masuk ke pemandian Edi (43), Rabu, pengunjung di tempat itu pada Rabu (17/7) lebih dari 1000 orang.

"Puncaknya hari ini sejak pukul 15.30, lebih dari seribu warga yang datang untuk Balimau," katanya.

Ia mengatakan, pengunjung tidak hanya berasal dari Kota Padang, melainkan juga kabupaten/kota lain yang ada di Sumatera Barat.

"Meskipun didominasi warga Padang, ada juga yang datang dari Kota Pariaman, Kabupaten Padangpariaman, hingga Bukittinggi," katanya.

Ia menjelaskan, pada hari itu tiket masuk dijual seharga Rp5.000/orang, untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak digratiskan.

Dalam penjualan karcis, lanjutnya, pemuda setempat bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Padang.

Saat ditanyai tentang pembatasan waktu di pemandian tersebut, ia mengatakan tidak ditentukan. Setelah membeli karcis masuk warga dibebaskan sepuasnya di pemandian tersebut.

Pengunjung yang datang ke pemandian itu beragam usia yaitu orang tua, anak-anak, dan didominasi oleh remaja. Di pemandian itu pengunjung tampak berenang, bercengkarama, dan juga foto bersama.

Ramainya pemandian tersebut, berdampak pada padatnya arus lalulintas di sekitar lokasi. Namun dapat diurai oleh personil kepolisian yang tergabung dari Kepolisian Resor (Polres) Kota Padang, dan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat.

Hingga pukul 16.30 WIB, masih tampak pengunjung yang masih berenang di pemandian, Meskipun sebahagian besar telah mulai pulang pada Pukul 17.00 WIB.

Salah seorang warga Padang Sherly (28) yang datang bersama sejumlah temannya, mengatakan sengaja memilih pemandian Lori untuk Balimau karena kualitas air.

"Tempatnya di pemandian ini kan belum di olah, sehingga benar-benar alami seperti apa adanya. Airnya juga segar" ujarnya.

Selain untuk balimau, ia bersama temannya juga menikmati pemandangan alam di sekitar dan berfoto mengabadikan momen. Di tempat itu juga tampak personil Badan SAR Nasional (Basarnas) Padang, yang siaga di lokasi.

Pemandian Lori adalah tempat mandian berbentuk sungai yang masih alami. Tempat pemandian tersebut bernilai sejarah karena telah ada sejak abad 19, dibuktikan dengan sebuah prasasti tua berisi tanggal pembukaan pemnadian itu sekitar April 1883, yang saat ini ditutupi oleh lumut.

Sedangkan balimau adalah sebuah kebiasaan mandi menjelang bulan Ramadhan di Sumatera Barat, dengan tujuan menyucikan diri menyambut puasa. (*)

Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar