Surat Suara Pilkada Padang Siap Dikemas

id Surat Suara Pilkada Padang Siap Dikemas

Surat  Suara Pilkada Padang Siap Dikemas

Padang, (Antara)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang tengah melakukan pengemasan surat suara pemilihan wali kota dan wakil wali kota putaran II untuk kemudian dikirim ke seluruh kelurahan yang ada di Padang.

Setelah proses pelipatan rampung, saat ini tengah dilakukan pengemasan kedalam sampul untuk selanjutnya didistribusikan ke kelurahan pada 1 Maret, kata Koordinator Divisi Logistik KPU Padang Firsta di Padang, Selasa.

Ia mengatakan, surat suara tersebut akan didistribusikan pazke tempat pemungutan suara pada H-1 atau 4 Maret oleh petugas kelurahan.

Selain itu kelengkapan TPS lainnya berupa tinta, formulir telah rampung dikemas untuk dikirim beserta surat suara.

Karena pelaksanaan pilkada Padang putaran II kota Padang yang akan digelar 5 Maret berdekatan dengan jadwal pemilu legislatif, KPU Padang menggunakan kotak suara dari karton untuk pilkada.

Firsta mengatakan hal ini dilakukan karena kotak suara yang ada juga digunakan untuk pemilu legislatif sehingga KPU akhirnya memesan 1.532 kotak suara dari karton.

Kemudian, KPU juga menyiapkan 147 surat suara khusus bagi pemilih tunanetra yang menggunakan tanda baca khusus disebut dengan templat.

Jumlah surat suara yang dicetap untuk pilkada Padang putaran II berjumlah 574.742 dimana sudah termasuk cadangan sebanyak dua setengah persen.

KPU Padang menetapkan pilkada Padang putaran II akan digelar pada 5 maret diikuti dua pasang kandidat yang akan dipilih oleh 560.723 pemilih

560.723 pemilih tersebut terdiri atas 276.729 pemilih laki-laki dan 283.994 pemilih perempuan yang akan melakukan pencoblosan pada 1.532 tempat pemungutan suara (TPS).

Dua kandidat peserta pilkada Padang tersebut yaitu pasangan Mahyeldi-Emzalmi yang diusung PKS dan PPP serta pasangan Desri Ayunda-James Helyward dari jalur perseorangan. (wan)