KPU Agam Siapkan 8.575 KPPS Pemilu

id KPU Agam Siapkan 8.575 KPPS Pemilu

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyiapkan sebanyak 8.575 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara untuk 1.225 tempat pemungutan suara pada Pemilihan Legislatif 9 April 2014.

Ketua KPU Kabupaten Agam Alhadi di Lubukbasung, mengatakan masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak tujuh orang.

"Dari 1.225 TPS kita harus menyiapkan sebanyak 8.575 petugas KPPS," katanya.

Menurut dia, ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.11 tahun 2013 tentang perubahan atas PKPU No.03 tahun 2013 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara dan Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara dan Penyelengara Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Dalam PKPU No.11 tahun 2013 syarat untuk petugas KPPS berusia di atas 25 tahun, tamat SLTA, harus melengkapi surat keterangan kesehatan dari dokter dan lainnya.

Untuk pelantikan petugas KPPS ini, KPU Kabupaten Agam telah mengagendakan pada pertengahan Maret 2014.

Selain menyiapkan petugas KPPS, KPU Kabupaten Agam juga membentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 246 orang dan sekretaris PPS sebanyak 246 orang tersebar di 82 nagari di Kabupaten Agam.

"Masing-masing nagari memiliki PPS dan sekretaris PPS sebanyak tiga orang," tegasnya.

Kabupaten Agam yang terdiri dari 16 kecamatan dan 82 nagari, memiliki sebanyak 328.065 pemilih yang terdiri dari 161.607 laki-laki dan 166.458 perempuan.

Sementara jumlah calon anggota legislatif (Caleg) sebanyak 473 orang dengan rincian yakni caleg laki-laki sebanyak 306 orang dan caleg perempuan 167 orang yang tersebar pada enam daerah pemilihan.

"Mereka ini akan memperebutkan 45 kursi di DPRD Kabupaten Agam," katanya.

Sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Agam Yondi Fitra menambahkan, tahapan yang dijalankan KPU Kabupaten Agam sesuai dengan peraturan undang-undang, mulai dari pendaftaran partai peserta Pemilu, verifikasi partai, menerima pendaftaran bakal caleg sampai menyiapkan petugas KPPS.

Panwaslu Kabupaten Agam akan terus melakukan pengawasan tahapan pelaksanaan Pileg dengan tujuan agar Pileg di Kabupaten Agam berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Untuk menyukseskan Pileg 2014, Bupati Agam Indra Catri mengimbau dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 April 2014, sehingga target partisipasi pemilih sekitar 90 persen akan tercapai.

"Sejak tiga bulan terakhir, saya menginstruksikan kepada seluruh SKPD, camat dan jajaran pemerintah baik dalam upacara, rapat dan melakukan pertemuan dengan masyarakat selalu mengajak untuk menggunakan hak pilih pada Pileg 2014," katanya. (ari)