Bedah Buku " Besar Janji daripada Bukti"

id Bedah Buku " Besar Janji daripada Bukti"

PADANG - Jejaring Pendidikan Dompet Dhuafa, Makmal Pendidikan menelurkan buku terbaru berjudul "Besar janji daripada Bukti (Kebijakan dan Praktik Pendidikan Indonesia di Era Transisi Demokrasi)". Buku tersebut dibedah pertama kali di Gedung UDKP Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya bersamaan dengan acara "Pelatihan Guru Kreatif dan Pendidikan Berkualitas", Sabtu (14/11).

Kepala Dompet Dhuafa Singgalang KCP Dharmasraya, Cendra Fauzi, menerangkan bahwa buku setebal 242 Halaman ditulis berdasarkan hasil analisa tim Makmal Pendidikan atas realita pendidikan Indonesia. Bahan baku tulisan adalah pengalaman program pendampingan sekolah Makmal Pendidikan di lebih dari 20 wilayah di Indonesia disertai kliping pemberitaan media yang dibuat oleh tim Pusat Data makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Selain memaparkan problematika pendidikan Indonesia, buku tersebut juga menawarkan solusi pemecahannya.

Tujuan penulisan menyebarkan wacana pada masyarakat luas akan realita pendidikan Indonesia, menggugah kesadaran masyarakat untuk turut serta memberikan kontribusi aktif pada pembenahan pendidikan Indonesia. Juga memberikan evaluasi sekaligus tawaran solusi pada pemerintah sebagai pemangku kebijakan pendidikan Indonesia

.

Bagian pertama buku memuat empat bab tentang "Menelisik Wajah Pendidikan Indonesia", sedangkan bagian dua tentang "Merevitalisasi Fondasi Pendidikan", juga dibagi dalam empat bab. Penulis buku ini merupakan peneliti juga praktisi pendidikan Dompet Dhuafa di Makmal Pendidikan, Purwo Udiutomo (Manajer Laboratorium Pengembangan Mutu Pendidikan), Rina Fatimah (Direktur Makmal Pendidikan), Agung Pardini (Manajer Peningkatan Kualitas Pendidikan), Selly Agustina (Koord. Pusat Data), dan Dewi Puspitasari (Staf Pusat Data dan Kantor Berita Makmal Pendidikan).

Lebih kurang 200 orang guru menjadi peserta launching buku yang dibuka dengan pelatihan guru ini. Trainer Guru level Nasional, Zayd Sayfullah sengaja Makmal ajak untuk mengisi pelatihan guru Dharmasraya. Tujuan training tersebut adalah memantik kreativitas guru agar nantinya dapat memperbaiki pola ajar yang pada akhirnya dapat memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia.

Sedangkan talkshow bedah buku akan diisi oleh Rina Fatimah, tim penulis buku yang juga menjabat sebagai Direktur Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Selain Rina akan hadir pula Wijaya Kusumah atau akrab disapa Om Jay. Ia adalah akademisi, penulis buku keguruan, juga motivator guru level nasional.

Sementara itu Bupati Dharmasraya, Adi Gunawan, mengungkapkan apresiasinya terhadap perhatian nyata Dompet Dhuafa terhadap pendidikan di Dharmasraya. "Kita akan meminta Dompet Dhuafa mengangkatkan kegiatan pelatihan semacam ini lagi bulan Januari 2014 yang akan datang, dalam rangka HUT Kabupaten Dharmasraya ke-9. Kita akan siapkan gedung berkapasitas 1000 orang," katanya.

Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra, antusias dengan ungkapan tersebut. "Memperkuat kualitas dan kuantitas pendidikan di Indonesia adalah tugas kita semua, semoga buku ini menjadi satu sumbangsih bagi cita-cita kemajuan pendidikan di Indonesia," papar Musfi. (winda)