DMC Buka Dapur Umum di Pengungsian

id DMC Buka Dapur Umum di Pengungsian

KARO Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mendirikan dapur umum untuk membantu 510 warga korban erupsi Gunung Sinabung yang saat ini berada di Masjid Agung Awwaliyah Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Koordinator Tanggap Darurat Gunung Sinabung DMC Dompet Dhuafa, Ahmad Baikhaki, mengatakan pihaknya sudah membuka dapur umum untuk pengungsi, termasuk anak-anak dan lanjut usia (lansia) sejak dua pekan lalu.

Menurutnya, dapur umum bagi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung yang didirikan DMC Dompet Dhuafa bersama Dinas Sosial itu juga mendapat bantuan berbagai pihak, seperti beras dan sembako lainnya.

Saat ini bantuan dari berbagai pihak untuk para pengungsi masih sangat mencukupi, jadi soal makanan dan minuman tidak masalah, kata Baikhaki

Ia menjelaskan, dapur umum tersebut mulai beroperasi sejak pukul 5 pagi. Relawan dan warga bergotong royong untuk menyiapkan sejumlah makanan yang kemudian dibagikan ke sejumlah warga yang tinggal di pengungsian.

Kami bagikan ke warga mulai dari pagi, terutama anak-anak yang akan berangkat ke sekolah, katanya.

Hingga kini, Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara aktivitasnya belum juga menurun. Bahkan pada Ahad lalu, (17/11), gunung tersebut kembali meletus. Tinggi kolom asap letusan hingga mencapai 2.000 meter. Jumlah pengungsi pun bertambah menjadi 6.155 jiwa (1.902 KK) yang tersebar di 16 titik pengungsian.(sgt/gie)