Pada Guru, Harapan itu

id Pada Guru, Harapan itu

Akmal Hadi, Staff KCP Dharmasraya

Pendidikan merupakan suatu unsur penting bagi kemajuan suatu daerah, baik buruknya sumber daya manusia suatu daerah ditentukan oleh kualitas pendidikan yang berada di daerah tersebut. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal tentunya harus didukung oleh elemen pendidikan yang juga berkualitas. Termasuk di dalamnya peran penting seorang guru yang bersentuhan lansung dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan peserta didik baik dari segi pengetahuan dan akhlak tidak terlepas dari peranan seorang guru.

Maka keberkarakteran seorang guru sangat dituntut jika ingin menghasilkan generasi muda yang berkarakter. Paham benar salah, baik buruk.

Namun pada kenyataannya, tidak sedikit para guru saat ini hanya melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, bukan sebagai pendidik. Guru hanya mengajarkan suatu ilmu tanpa mendampingi peserta didik dalam berprilaku (mendidik). Hal ini seringkali membuat kedekatan guru dengan peserta didik hanya sebatas guru yang mengajar di kelas dengan siswa. Bukan guru yang mendidik dan membimbing mereka untuk menjadi seorang pribadi yang berkarakter.

Dekat mengayomi dan menjadi teladan.

Hal tersebut tentu bukan hal yang mudah, perlu usaha berkelanjutan agar semangat mendidik para guru tetap menyala. Perlu pula kerjasama berbagai pihak, tidak hanya lembaga pendidikan.

Sebagai lembaga nirlaba yang juga bergerak di bidang pendidikan, Dompet Dhuafa juga tak lepas menyoroti ini. langkah awal Dompet Dhuafa Singgalang KCP Dharmasraya memberikan perhatian terhadap permasalahan ini di Dharmasraya adalah dengan memberikan pelatihan pada para guru. Pelatihan motivasi, agar guru mampu terus menjaga usaha maksimalnya dalam mendidik anak-anak didik.

Program Training Motivasi Guru SMP dan SMA se-Dharmasraya ini bertujuan memberikan support terhadap para guru di Dharmasraya agar mejadi guru berkarakter. Guru yang visioner, aktif dalam action, memiliki passion mendidik dan kemampuan mengkolaborasikan pengetahuan dengan kebutuhan hidup bermasyarakat para peserta didik.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di Dharmasraya. Program ini akan dilaksanakan di seluruh SMP dan SMA se-Kab. Dharmasraya. Untuk tahap awal akan dilaksanakan pada dua kecamatan yaitu Kecamatan Koto Baru dan Kecamatan Koto Salak dengan perkiraan jumlah peserta pada tanggal 2 November 2013 di Gedung Pertemuan Kecamatan Koto Baru. Program ini akan dibuka oleh bupati Dharmasraya, Bapak Adi Gunawan MM dan akan dihadiri oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Dharmasraya serta unsur pemerintah kecamatan.

Salam para guru. Harapan itu ada padamu.(*)